Berita Nasional Terpercaya

Peran Apoteker Sangat Strategis Memberantas TBC

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pengurus Cabang Ikatan Apotaker Indonesia (IAI) Kabupaten Sleman mengadakan rapat kerja cabang dengan melantik pengurus baru sebanyak 39 orang pada periode 2018-2022.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang berkesempatan hadir juga mengapresiasi seminar dari IAI bertema peran serta apoteker dalam Pengendalian TBC. Kepada 700 peserta seminar, Muslimatun menyampaikan salah satu wujud Pemkab Sleman dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat dengan menitikberatkan pada perubahan perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam berpola hidup sehat.

?Peran apoteker sangat strategis untuk memberikan informasi akurat tentang kebutuhan obat penderita TBC. Apoteker juga dapat membantu kami dalam mengidentifikasi pasien yang diduga menderita TB untuk segera memeriksakan diri,? kata Sri Muslimatun di Sahid Jaya Hotel, Minggu 3 Februari 2019.

Menurut Muslimatun, penyelenggaraan seminar dapat menjadi sarana yang tepat untuk membantu meningkatkan profesionalisme apoteker serta meningkatkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan tenaga kerja medis dalam memberantas TB di Indonesia. Ia juga berpesan kepada para peserta seminar untuk aktif dalam mengkampanyekan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan control rutin setiap 6 bulan sekali.

?Himbauan-himbauan kepada masyarakat agar memeriksakan diri sejak dini dan penyebaran informasi mengenasi TB dan bahayanya sangat perlu mendapatkan dukungan semua pihak,? tambahnya.

Sedangkan, Ketua Ikatan Apoteker (IAI) Indonesia Cabang Sleman, Deddy Setyono menjelaskan dipilihnya tema pengendalian TBC pada seminar tersebut karena sulit terdeteksinya masyarakat yang mengidap TBC, sehingga diharapkan banyak kader apoteker yang mendukung program TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) melalui pemeriksaan dini ke Puskesmas. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.