Berita Nasional Terpercaya

Berendam Air Panas Sambil Nikmati Situs Sejarah di Kompleks Candi Umbul

0

MAGELANG, BERNAS.ID – Masyarakat desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang memanfaatkan sumber air panas di situs Candi Umbul sebagai salah satu destinasi wisata andalan. Sumber air panas ini juga diyakini mampu menyembuhkan segala macam penyakit seperti gatal-gatal, stroke dan penyakit lainnya. Situs sejarah ini memiliki dua kolam pemandian air panas dengan dinding yang terbuat dari batu andesit.

Di bawah pengelolaan Dinas Purbakala dan Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang,  Situs Candi Umbul memiliki dua buah candi. Hal tersebut dibuktikan dengan  adanya komponen-komponen  candi yang berpasangan.

Terdapat 3 arca yang mengarah ke latar belakang agama Hindhu, yaitu  arca Durga, arca Agastya dan arca Siwa Mahaguru. Setelah ditelusuri, bernas.id hanya menjumpai arca Durga dan arca Agasatya saja.

“Pengunjung Candi Umbul perhari rata-rata antara 20 – 30 orang, kecuali hari libur kadang biasanya bisa mencapai 150 orang”, kata Royanto (47), salah satu penjaga Candi Umbul kepada Bernas.id Selasa(5/2/2019).

“Walaupun jam buka Candi Umbul ini mulai jam 7 pagi sampe jam 5 sore, kadang pengunjung bisa sampe malam, apalagi kalau hari libur”, tambah Royanto. (Nuning/Ayusandra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.