Berita Nasional Terpercaya

Pasar Sambilegi Maguwoharjo Raih Penghargaan BPOM RI

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pasar Sambilegi yang terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman menerima penghargaan Badan POM RI di kategori Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Bupati Sleman, Sri Purnomo, menerima penghargaan tersebut secara langsung di kegiatan peringatan ulang tahun Badan POM ke-18, di Area Parkir Car Free Day, Halaman Pakir Sarinah Jakarta.

Dalam pemberitahuannya, Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan Dinas Pasar Kabupaten Sleman sejak tahun 2011 sudah memulai pengawasan penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan bekerjasama dengan BPOM DIY. “Selanjutnya Bupati Sleman menerbitkan SK tentang tim pengawas terpadu penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan sejak tahun 2013 dengan melibatkan lintas SKPD (Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop, Dinas Pasar, Satpol PP, Setda Kab, dll).

“Hal ini menandakan bahwa komitmen kepala daerah terhadap permasalahan bahan berbahaya untuk pangan sangat tinggi,” katanya, Minggu siang 10 Februari 2019.

Sedangkan, Sri Purnomo menyampaikan penghargaan ini merupakan awal dari perjuangan untuk menjadikan pasar di Kabupaten Sleman yang benar-benar aman dari bahan-bahan berbahaya. Ia mengibaratkan apa yang telah dilaksanakan ini merupakan bentuk tindakan preventif. “Artinya lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi menghindarkan konsumen dan juga melindungi konsumen untuk tidak mengkonsumsi bahan-bahan berbahaya,” ujarnya.

Berdasarkan jenis barang yang dijual, Pasar Sambilegi termasuk pasar Kelas B, yaitu menjual aneka kebutuhan masyarakat mulai dari sayur, buah, daging ikan ayam, makanan atau jajanan matang, bumbu serta barang nonkonsumsi seperti peralatan dapur, pakaian dan kebutuhan rumah tangga lainya. Jumlah pedagang sebanyak 348 orang yang menempati 44 Kios dan 304 los pasar. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.