Berita Nasional Terpercaya

Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Resmi Ditutup

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden tahun 2019 resmi ditutup dengan menampilkan simulasi aksi demo massa yang tidak puas dengan hasil pemilu serta diakhiri dengan Apel penutupan latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden di depan rumah dinas Walikota Yogyakarta, Jalan Ipda Tut Harsono, Yogyakarta, Minggu (10/2/2019).

Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas, Brigjen TNI M Zamroni dalam membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro mengatakan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 secara berhasil dan berdaya guna.

“Saya berharap kalian telah memahami teknik, prosedur, mekanisme dan sistem komando pengendalian untuk menunjang koordinasi dan kerjasama dengan seluruh unsur terkait di wilayah masing-masing, sehingga dapat terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan pemilu 2019,” katanya.

Sesuai dengan tugas pokok TNI dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Salah satu dari tugas pokok tersebut, mengamanatkan TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam menangani kerusuhan sosial, menjaga stabilitas keamanan di wilayah serta menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman lainnya yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan pemilu 2019,” tandasnya. (mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.