Berita Nasional Terpercaya

PBTY 2019 Dibuka Dua Hari Lagi, Bakal ada Tiga Naga Raksasa

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) memasuki penyelenggaraan tahun ke-14 pada 2019 ini. Rangkaian acara siap digelar tanggal 13-19 Februari 2019.

“Tahun ini PBTY tembus menjadi event terbesar di Indonesia, masuk di Pesona Indonesia dan diprogramkan masuk ke Wonderful Indonesia,” Ketua Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) T. Hary Setio, Senin (11/2/2019).

Ia menjelaskan, yang istimewa, bila biasanya hanya ada satu naga dalam karnaval, tahun ini akan ada tiga naga (liong) raksasa yang panjangnya sekitar 100 meter, 67 meter, dan 90 meter. Selain dari Jogja, ada tambahan satu naga dari Tangerang, dan satu dari Magelang, yang akan ditampilkan pada karnaval di Malioboro, pada Sabtu, 16 Februari 2019.

Hary menyebut meski PBTY XIV ini juga ada penambahan jumlah tenant karena wilayahnya akan diperluas. Dari sekitar 130 tenant pada 2018 lalu bertambah menjadi sekitar 142 tenant pada 2019 ini.

Selain itu, akan ada tujuh panggung di PBTY XIV yang menampilkan beragam kesenian dan budaya masyarakat Tionghoa. Sebab PBTY tak sekadar menjadi festival bagi masyarakat Tionghoa, tetapi telah menjadi festival kebudayaan bagi seluruh warga Jogja. Kegiatan ini menjadi salah satu simbol keberagaman yang tumbuh secara harmonis di kota ini. 

?Tentu kami siapkan acara yang berbeda setiap tahunnya, juga tahun depan. Tahun ini untuk kulinernya kami fokus ke makanan peranakan,? imbuhnya.

Hary menambahkan, tahun ini Rumah Budaya Ketandan akan disulap menjadi House of Potehi, yang memamerkan wayang potehi, ditambah pertunjukan tiap malam. Pengunjung bisa bertanya-tanya terkait wayang potehi.

“Wayang potehi ada yang langka yang dipamerkan. Biasanya hanya yang repro-repro yang dipamerkan, kali ini ada yang asli, dari Gudo, Jombang,” jelasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.