Berita Nasional Terpercaya

Fakultas Ilmu Agama Islam UII Bekerjasama dengan PP Raudhatul Ulum

0

KOTA YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Universitas Islam Indonesia (UII), khususnya Fakultas Ilmu Agama Islam bekerja sama dengan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum, Sakatiga, Indralaya, Ogan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan untuk menjaring mahasiswa baru. Sampai saat ini, Fakultas Ilmu Agama Islam UII sudah bekerjasama dengan kurang lebih 6 pondok pesantren.

Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam UII Dr KH Tamyiz A Mukjarom, MA mengatakan semua penerimaan siswa baru pasti berbasis tes, tapi kalau dari pondok, ada surat rekomendasi dari kyai atau ustadnya nanti akan ada penelusuran siswa berprestasi.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

“Nanti, bisa masuk melalui PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi-red) tanpa tes. Nanti di UII juga siswa pesantren unggulan yang akan mendapat beasiswa full setiap tahunnya sekitar 20 sampai 30 juta dengan tes bahasa Inggris dan Arab,” katanya, Kamis 14 Februari 2019.

Dr KH Tamyiz mengatakan bahwa dua prodi di Fakultas Ilmu Agama Islam semuanya akreditasi A, bahkan universitasnya juga terakreditasi A. “Jadi kalau ada yang mau masuk tidak usah ragu sehingga perlu ada sosialisasi ke pesantren-pesantren,” ujarnya.

“Input dari pesantren lebih baik bekalnya daripada SMA karena bahasa Arabnya lebih baik sehingga ketika mengikuti kuliah lebih mudah,” imbuhnya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Sedangkan, KH Tol'at Wafa Ahmad, Lc pimpinan, Pondok Pesantren Raudhatul Ulum mengatakan pondok pesantren merupakan basis pembelajaran ilmu umat sehingga harapannya, akan menjadi kader-kader yang unggul.

Terkait dengan kerjasama dengan UII, KH Tol'at mengatakan pihaknya akan mendorong siswa-siswinya untuk memilih UII sebagai tempat kuliahnya. “Kita mendorong madrasah atau sekolah kita untuk menyosialisasikan, terutama yang mendekati lulus,” katanya.

Namun, menurut KH Tol'at, di Yogyakarta banyak pilihan untuk melanjutkan sekolah sehingga pondok pesantren hanya sebagai pendorong ibaratnya pemberitahu dengan menyilahkan anak-anak memilih sendiri.

“Ketika memberikan pilihan, kita menceritakan keunggulan. UII memiliki sejarah panjang dan memiliki nilai unggul kepada calon mahasiswa. Di samping keunggulan dan kemudahannya juga,” imbuhnya.

Sebagai pilihan untuk melanjutkan kuliah, KH Tol'at meyakini Jogja masih mayoritas pilihan sekolah, khususnya dari luar Jawa. (jat)

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.