Berita Nasional Terpercaya

Pemberdayaan Siswa Berkebutuhan Khusus Diharapkan Bisa Berkelanjutan

0

YOGYA, BERNAS.ID?Pemberdayaan siswa berkebutuhan khusus diharapkan berkelanjutan hingga mendapat pekerjaan, setelah mengikuti program magang program dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

?Program magang itu sudah cukup bagus bagi anak berkebutuhan khusus. Namun yang masih perlu dipikirkan lagi bagaimana anak itu setelah lulus nanti,? ucap Pengelola sekaligus Kepala Sekolah SLB Dharma Rena Ring Putra 1, Sutomo dalam kegiatan sosialisasi beasiswa magang bagi anak berkebutuhan khusus di kantor Disdikpora DIY, Kamis (14/2/2019).

Walau demikian, menurut Sutomo program ini cukup efektif untuk meningkatkan kapasitas siswa berkebutuhan khusus. Beberapa anak didiknya yang pernah mengikuti kegiatan magang juga telah bekerja baik dalam pembuatan batik, menjahit atau yang lainnya.

“Untuk siswa berkebutuhan khusus, pendidikan atau keterampilan lebih baik difokuskan pada satu atau dua bidang saja. Sehingga anak benar-benar dapat menguasai,” harap dia.

Kepala Disdikpora DIY, R.Kadarmanta Baskara Aji mengharapkan dengan program magang anak-anak berkebutuhan khusus juga dapat mandiri setelah lulus nanti.

?Harapan kami bukan sekedar menyelesaikan magang, namun anak nanti lebih siap bekerja. Perusahaan kan diharuskan menerima menempatkan tenaga difabel [berkebutuhan khusus], ya walaupun tentu ada ketentuan juga,? katanya.

Menurutnya, SMA luar biasa memang sedikit berbeda dengan SMA biasa yang anak didiknya didorong untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan SMK yang masuk kedunia kerja atau wirausaha. Lulusan SMA LB memiliki tujuan pertama membekali kompetensi, yang kedua lebih penting anak itu mandiri ketika sudah lulus.

Ia mengatakan dengan magang ini juga dapat mengenalkan anak-anak dengan kehidupan di luar sekolahnya. Dia juga mengharapkan industri usaha baik batik, menjahit, bengkel yang menjadi tempat magang juga tidak merasa terganggu.

Pada program magang tahun ini sendiri direncanakan diikuti oleh 156 siswa kelas XI selama delapan bulan. Anak-anak juga akan dibekali bantuan beasiswa sebesar Rp700.000/bulannya, dan dukungan lainnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.