Berita Nasional Terpercaya

Mantan Karyawan Gondol 19 HP Baru di Konter HP Majikan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit reskrim Polsek Depok Barat berhasil meringkus pelaku pencurian 19 handphone baru di konter HP yang ada di ruko depan Kampus UIN Yogyakarta hari Kamis pagi, tanggal 24 Januari 2019 sekira pukul 10.00 WIB. Tersangka berinisial KE (31) warga Surabaya yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di konter HP tersebut selama hampir 3 tahun.

Kapolsek Depok Barat, Kompol Sukirin Hariyanto mengatakan setelah mendapatkan laporan dari korban NLA (24), pemilik konter HP, Tim Unit Reskrim Polsek Depok Barat segera melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi tersangka KE yang kos di daerah Giwangan akan segera meninggalkan Kota Jogja ke Surabaya.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka akan lari ke Jawa Timur. Pelaku ditangkap di Klaten, hari Jumat 8 Februari 2019 di jalan, pukul 02.00 WIB. Tersangka Tunggal belum pernah dipidana,” katanya di Polsek Depok Barat, Jumat 15 Februari 2019.

Untuk modus, Kompol Sukirin mengatakan tersangka KE menggandakan kunci brangkas terlebih dahulu sebelum keluar dari pekerjaannya setelah Lebaran tahun 2018. “Hari Kamis tanggal 24 Januari 2019, tersangka datang ke konter HP yang dulu, tanpa dicuriga. Kanan kiri tidak dicurigai karena dikira masih karyawan,” tutur Kompol Sukirin.

“Tersangka mengambil HP di brankas bukan di etalase,” imbuhnya.

Kompol Sukirin mengatakan dari peristiwa pencurian ini, korban NLA mengalami  total kerugian kurang lebih Rp46 juta. “Dari 19 HP yang dicuri sudah dijual secara online oleh tersangka KE sejumlah 13 HP dengan keuntungan kurang lebih Rp 18 juta. “Sisa uang Rp4 juta. Uang penjualan digunakan untuk keperluan sehari-hari,” ujarnya.

Untuk pasal yang akan dikenakan, Kompol Sukirin menyebut Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara.

Sedangkan, tersangka KE kepada wartawan mengakui bahwa alasan perbuatannya mencuri karena sedang mempunya utang 15 juta dengan orang kampung untuk renovasi rumah. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.