Berita Nasional Terpercaya

Peran Tionghoa di Indonesia Sangat Besar Sejak Dahulu Kala

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Peran masyarakat Tionghoa di Indonesia sangat besar. Ini terjadi sudah sejak lama, paling tidak bisa dilacak dari era Kerajaan Majapahit.

Hal tersebut disampaikan sejarawan Peter Carey dalam talkshow “Tionghoa Dalam Bingkai Keindonesiaan”. Acara digelar di kampus Universitas Sanata Dharma, Sabtu (16/3/2019).

“Sebelum perang Jawa, masyarakatnya sangat majemuk. Di era Majapahit, banyak sisa-sisa perdagangan dengan bangsa Tionghoa yang ditemukan di Trowulan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kuburan panjang dan keramik banyak ditemukan di Majapahit. Ini menurutnya jelas adalah warisan Tionghoa.

“Peran di agama, Budha dan Konghucu dan budaya [Tionghoa] sangat menonjol di era Majapahit,” jelasnya.

Ia meneruskan, di era Belanda, peran masyarakat Tionghoa juga besar. Menurutnya, VOC tidak bisa “bergerak” kalau tidak ada Tionghoa.

“VOC sangat membutuhkan Tionghoa untuk urusan perdagangan. Mereka saling terkait dan bisa membuat sistem supaya tidak ada inflasi,” jelasnya.

Ia menerangkan, ada seorang pejabat VOC Belanda, GG Joan Van Hoorn, yang sangat kagum budaya Tionghoa. Ia bahkan sampai pergi ke Beijing untuk mengunjungi Kaisar Kangxi. Dan di eranya, sekitar tahun 1704, banyak orang Jawa kawin dengan Tionghoa, yang menghasilkan banyak peranakan.

“Tapi ada 10 ribu orang Tionghoa yang dibantai di oleh VOC, karena perkembangannya yang sangat banyak di Batavia. Dan ini yang memunculkan Geger Pecinan,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sastra Tatang Iskarna mengatakan, ada banyak teori terkait kebangsaan, namun tetap harus belajar dari masyarakat nyata untuk pemahaman menyeluruh. Ia mengakui, etnis Tionghoa juga banyak berperan dalam kemajuan Indonesia.

“Untuk itu kami siap membuka Prodi Bahasa Mandarin,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.