Berita Nasional Terpercaya

Mahfud MD: Patriotisme Berarti Mau Mengorbankan Kemesraan Dengan Pacar

0

YOGYA, BERNAS.ID – Setiap warga negara harus memiliki patriotisme. Sebab NKRI hanya bisa bertahan kalau warga negaranya patriotik dan nasionalis.

Hal tersebut disampaikan mantan Ketua MK Mahfud MD dalam Dialog Kebangsaan V yang dilaksanakan Selasa (19/2/2019) malam di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dalam acara dialog ini, hadir pula beberapa tokoh seperti Mahfud MD, GKR Mangkubumi, Amin Abdullah, Alissa Wahid, KH. Malik Madani dan Romo Benny Susetyo. Ini adalah bagian dari Roadshow Dialog Kebangsaan yang digelar di berbagai kota di Jawa, dari Merak hingga Banyuwangi.

“Mengorbankan apapun, termasuk mengorbankan kemesraan untuk bermesraan dengan pacar,” ujar Mahfud, menjelaskan apa itu patriotisme.

Ia meminta seluruh warga negara menjadi patriot dalam menjaga keutuhan NKRI, memasuki tahun politik. Sebab, potensi adanya perpecahan di tengah masyarakat menurutnya sangat besar.

Ia mengatakan perbedaan pendapat dan pilihan dalam Pemilu merupakan hal yang biasa. Meski demikian, ia menekanan setelah penyelengaraan Pemilu harus kembali bersatu.

“Dalam pemilihan boleh bertentangan tapi kalau sudah terpilih, kita harus bersama dan pertentangan tidak boleh dilanjutkan lagi,” sambungnya.

Jelajah Kebangsaan Merak-Banyuwangi diadakan di sembilan stasiun yang dimulai dari Stasiun Merak, Stasiun Gambir, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, dan malam ini di Stasiun Yogyakarta. Besok, Roadshow dilanjutkan  ke Stasiun Solo Balapan, Stasiun Jombang, Stasiun Surabaya Gubeng dan berakhir di Stasiun Banyuwangi. Beberapa tokoh nasional yang hadir menggunakan kereta api khusus untuk menempuh jarak 1.341 km dari stasiun paling barat di Pulau Jawa hingga stasiun yang berada di paling timur Pulau Jawa selama lima hari perjalanan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.