Berita Nasional Terpercaya

Toko di Seluruh Yogyakarta Harus Mendukung Ekonomi Kerakyatan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Bupati Sleman, Sri Purnomo, membuka acara Sampoerna Retail Community (SRC) untuk wilayah DIY dan Purworejo di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (20/2). SRC merupakan komunitas toko retail yang membekali toko retail tradisional dengan pendampingan dan pembinaan.

Saat ini, di DIY ada 1000 toko, 600 di antaranya berada di Kabupaten Sleman. Sedangkan, di Indonesia ada sebanyak 100.000  toko retail SRC yang tersebar.

Sri Purnomo mengatakan pihaknya akan terus berupaya mendorong para wirausahawan di Kabupaten Sleman untuk dapat berkembang karena meskipun usahanya kecil, tapi jika dikelola dengan baik, akan mampu bersaing.

?Ada pepatah mengatakan, 'small is beautiful'. Walaupun usahanya kecil, tapi dikelola dengan jaringan lama-kelamaan bisa menjadi besar,” ucap Sri Purnomo

Sri menyebut maraknya pasar modern di era seperti sekarang ini adalah keniscayaan. Namun, Pemerintah Kabupaten Sleman tetap memberikan dukungan dan perhatian khusus bagi pasar tradisional, misal memperbaiki pelayanan yang ada di pasar tradisional, baik infrastruktunya maupun kualitas dagangannya.

?Kita punya semboyan Pasare Resik, Rejekine Apik. Terbukti, kemarin kita mendapatkan penghargaan dari BPOM pusat karena salah satu pasar kita menjadi yang terbaik tingkat nasional dalam hal bebas dari bahan berbahaya,” imbuhnya.

Sedangkan, Tri Saktiana selaku Asisten Sekda DIY Bagian Perekonomian menyarankan setiap toko di seluruh wilayah DIY untuk turut mendukung ekonomi kerakyatan di wilayah masing-masing. Misalnya, pengusaha retail di Kabupaten Sleman menjual produk-produk asli Kabupaten Sleman, salah satunya Air Minum Kemasan DAXU.

?Ini saya dalam tanda kutip agak mewajibkan untuk seluruh retail di Kabupaten Sleman untuk menjual DAXU di tokonya. Jadi, dari kita untuk kita,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.