Berita Nasional Terpercaya

Duplikat Kunci Laci Kasir, Dua Karyawan Curi Uang

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polsek Bulaksumur berhasil mengungkap kasus tindak pencurian di Warung Ketoprak Bang Rudi, Jl Kolombo No.3 Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin 11 Februari 2019 sekira jam 08.00 WIB. Total kerugian warung mencapai Rp6.663.000,- (enam juta enam ratus enam puluh tiga ribu rupiah).

Berdasarkan penyelidikan, alat bukti, dan keterangan saksi yang mencurigai gerak-gerik pelaku, diketahui kedua pelaku berinisial TP (22), warga Dusun Kerjo I, Genjahan, Ponjong Gunungkidul dan RC (29), warga Dusun Tambaksari, Tambakdahan, Subang, Jawa Barat.

Kanit Reskrim Bulaksumur, Iptu Tito Satria Perdana mengatakan kedua pelaku merupakan karyawan warung kethoprak tersebut yang telah bekerja kurang lebih satu tahun. “Memang bekerja di situ tersangka TP, lalu mengajak RC mencuri uang yang ada di laci meja kasir dengan sebelumnya tersangka TP telah melakukan duplikat kunci,” jelasnya di Polsek Bulaksumur, Rabu 20 Februari 2019.

Iptu Tito menyebut uang hasil mencuri dibagi rata antara tersangka TP dan RC. “Keduanya mencuri karena motif ekonomi, bahkan setelah mencuri, tetap bekerja seperti biasa,” ujarnya.

Lanjut tambahnya, keduanya akan dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun kurungan penjara. Unit Reskrim Polsek Bulaksumur melakukan penangkapan terhadap TP pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2019 sekira pukul 01.00 WIB di tempat kosnya di Godean, lalu pada pukul 02.15 WIB dilakukan penangkapan terhadap RC di kost temannya di Babarsari.

Untuk barang bukti yang diamankan polisi, di antaranya 1 buah anak kunci kecil duplikat merek Winner warna putih untuk membuka laci meja kasir tempat menyimpan uang, 1 buah anak kunci gembok duplikat merek Solex dengan pegangan warna merah untuk membuka pintu gerbang, dan 1 buah anak kunci duplikat merek Golex dengan pegangan warna hijau untuk membuka pintu depan utama warung.

Seluruh uang hasil curian, hanya tersisa Rp100 ribu dari tersangka TP, sedangkan RC, uangnya habis tak tersisa. Kini kedua tersangka pelaku pencurian ditahan di Polsek Bulaksumur untuk proses hukum lebih lanjut. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.