Berita Nasional Terpercaya

Kondisi Pers di Era Reformasi Memprihatinkan

0

JOGJA, BERNAS.ID – Pada era reformasi kondisi pers Indonesia sangat memprihatinkan. Pers tidak lagi sebagai pilar demokrasi yang menjunjung tnggi idealisme tapi justru bergeser menjadi pers kapitalis dan liberalis.

“Pers di era reformasi sudah miring ke kapitalis dan liberalis, bukan lagi pers yang idealis,” kata Drs Sihono MSi, Ketua PWI Cabang Yogyakarta, pada acara ziarah di makam Ki Hadjar Dewantara di Taman Makam Wijatabrata Celeban, Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (20/2/2019)

Selain ke makam Ki Hadjar Dewantara, ziarah juga dilakukan di makam tokoh pers nasional lainnya seperti makam Mr Soemanang di Baciro, makam M Wonohito dan Soemadi  M Wonohito di Prinwulung dan makam Kusfandi, serta Bimo Sukarno di Krapyak. Ziarah yang diikuti anggota dan pengurus PWI dan IKWI serta masyarakat itu merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 tahun 2019.

Menurut Sihono, peringatan HPN kali ini menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan perjalanan pers Indonesia untuk kembali ke pers Pancasila.

Pers Pancasila, menurut Sihono,  menghargai perbedaan, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan keadilan

Sementara Dirut PT BP Kedaulatan Rakyat Dr Gun Nugroho mengatakan, ziarah ke makam tokoh pers merupakan bukti bahwa kita sangat menghargai dan menghormati jasa-jasa mereka. Selain itu, ziarah dimaksudkan untuk mengenang perjuangan para tokoh pers dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan berpendapat.

“Ziarah ini juga menunjukkan bahwa kita menghargai kematian. Dan sebelum kematian kita harus bermanfaat bagi orang lain,” kata dr Gun. 

Sementara Ketua Panitia HPN 2019 Hudono mengatakan tokoh-tokoh pers merupakan tokoh pers Pancasila. Melalui karya tulisnya, mereka memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai Pancasila.

Karena itu, menurut Hudono, PWI Jogja akan menjadi pelopor untuk mengembalikan roh pers Indonesia menjadi pers Pancasila. (lip)

Leave A Reply

Your email address will not be published.