Berita Nasional Terpercaya

Dilaporkan Kehilanggan Akal Sehat, Bule Tua Asal Inggris Dideportasi

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menangkap bule berusia 73 tahun asal Inggris bernama Terence Byrne di Homestay Tropis jalan Prawirotaman 1 No 5A, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Ijin tinggal Terence memakai ijin tinggal kunjungan atau Visa on Arrival.

Sutrisno, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta mengatakan penangkapan dilakukan pihak imigrasi berdasarkan hasil laporan masyarakat pada hari Rabu, tanggal 20 Februari 2019 melalui media sosial Twitter dengan informasi terdapat orang asing yang menginap di homestay di sekitar wilayah prawirotaman dalam kondisi kehilangan akal sehat.

“Berdasarkan informasi data keimigrasian, pada hari Rabu (20/2), tim Pengawasan orang asing kantor Imigrasi kelas I TPI Yogyakarta langsung mendatangi Puri Ganesha dan diperoleh keterangan orang asing alias Terence tersebut sudah tidak tinggal di homestay tersebut. Selanjutnya tim melakukan penyisiran di wilayah Prawirotaman,” jelasnya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, 22 Februari 2019.

“Sampai dengan pukul 19.00 WIB, tim memutuskan untuk kembali ke kantor imigrasi dan melaporkan kepada atasan,” imbuhnya.

Selanjutnya, sebut Sutrisno, bagian informasi keimigrasian berusaha untuk mendapatkan informasi yang jelas dari pelapor terkait keberadaan Terence pada pukul 21.15 WIB diperoleh keterangan bahwa yang orang asing tersebut tinggal di homestay Tropis.

“Hari Kamis, tanggal 21 Februari 2019, tim pengawasan orang asing bergerak ke homestay Tropis. Tiba di wilayah Prawirotaman petugas melakukan penyisiran kembali dan tiba di lokasi petugas langsung menemui pemilik homestay dan diperoleh keterangan benar-benar bahwa yang bersangkutan tinggal sejak bulan januari 2019 dan sampai saat ini belum membayar uang sewa kamar,” bebernya.

Ia mengatakan tim pengawasan segera melakukan pengecekan di kamar dan Terence berada di tempat. “Selanjutnya tiga orang tim pengawasan melakukan penyisiran dan orang asing tersebut terlihat sedang meminta-minta makan di warung warung daerah Prawirotaman,” ucapnya.

“Petugas tetap mengikuti orang asing tersebut dan sekitar satu jam orang asing kembali ke hotel dan masuk ke kamar,” imbuhnya.

Sutrisno mengatakan selam 10 menit tim imigrasi melakukan pengecekan langsung ke kamar dan diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan tidak memiliki dokumenperjalanan. “Ia beralasan dicuri pada saat jalan-jalan di wilayah Yogyakarta,” ucapnya.

Pada pukul 12.00 WIB, sebut Sutrisno, petugas membawa orang asing ke kantor imigrasi dan ditempatkan di runag deteni. “Dari hasil pengamatan di ruang deteni, yang bersangkutan memiliki kondisi kejiwaan yang kurang stabil,” katanya.

Sehubungan yang bersangkutan tidak memiliki dokumen perjaianan dan memperhatikan kondisi kesahatan dan kejiwaan oranga sing, Sutrisno menginformasikan pada hari ini, Jumat (22/2), Terence akan dipindahkan ke Rumah Deteni Semarang dengan jadwal pada pukul 10.00 WIB untuk proses deportasi,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.