Berita Nasional Terpercaya

Gropyokan Tikus Membuka Awal Musim Tanam

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kodim 0732/Sleman bersama anggota Dinas pertanian propinsi DIY dan Kabupaten Sleman melaksanakan gropyokan tikus di Dusun Ponggok, Dusun Kedung Banten, Dusun Kaliduren, dan Dusun Pendulan, Minggu 3 Maret 2019.

Gropyokan ini diikuti ratusan orang dengan hasil jumlah tikus 100 ekor dengan tujuan memastikan dan mengurangi hama tikus di awal musim tanam tahun 2019 ini.

Danramil 15/Moyudan, Kapten Arh Sukoharjono mengatakan jajaran Kodim 0732/Sleman membasmi hama tikus dengan gropyokan karena praktek ini dianggap ampuh dan murah, serta dapat menekan hama tikus secara maksimal.

“Yang tidak kalah pentingnya, gropyokan tikus dapat menumbuhkan semangat gotong-royong warga desa untuk mengatasi hama tikus di sawah. Dilakukan secara bergantian dari satu sawah ke sawah yang lain. Dari kegiatan ini masing-masing dengan bersemangat dapat berhasil membasmi hama tikus sampai ke lubang-lubangnya dan membakarnya,” imbuhnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan DIY Sasongko, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogya Rajiman, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sekitar 35 mahasiswa Polbangtan juga diajak terlibat dalam proses pembasmian tikus secara massal tersebut. Salah satu mahasiswa, Pramudya Putra (19) ikut berkeliling bersama rekan-rekannya yang lain di lahan seluas 25 hektar tersebut.

“Ada ratusan tikus yang berhasil kita tangkap dan dimatikan supaya petani dapat terhindar dari hama tikus yang selama ini sangat meresahkan petani” kata mahasiswa Prodi Teknologi Benih ini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.