Berita Nasional Terpercaya

Siap Operasional, Jungar Menjadi Agenda Rutin Prajurit Paskhas

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pagi dini hari sebanyak 100 penerjun Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) Paskhas 474 menggelar latihan terjun penyegaran dan pendaratan dengan mengambil titik Runway Grass Trip Lanud Adisutjipto, Selasa 5 Maret 2019.

Para penerjun payung diangkut dengan menggunakan pesawat C-130/A-1312 dari Skadron Udara 32 Malang dengan penerbang Kapten Pnb Guntoro.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir Bob Panggabean menyampaikan terjun penyegaran (jungar) merupakan agenda rutin prajurit Paskhas, Denhanud 474 Paskhas. Jungar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memelihara kecakapan dan meningkatkan kemampuan agar prajurit selalu siap dalam menghadapi tugas-tugas latihan ataupun operasi dalam setiap penugasan.

“Hal ini merupakan bentuk profesionalisme segenap prajurit TNI Angkatan Udara terutama Paskhas TNI AU,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Denhanud 474 Paskhas, Letkol Pas Andy Waru menyampaikan sasaran latihan terjun payung adalah mewujudkan kemampuan dan keterampilan lrajurit dalam menerapkan prosedur Terjun Statik dan Free Fall sehingga terbentuk kesiapan dan kemampuan satuan dalam pelaksanaan pembinaan latihan satuan serta meningkatkan rasa percaya diri pada anggota untuk melaksanakan penerjunan.

Penerjunan melibatkan 74 penerjun dari anggota Denhanud 474 Paskhas yang dipimpin langsung oleh Denhanud 474 Paskhas serta 36 penerjun Free Fall, termasuk dari wara dan atlet terjun payung dari Fasi.

Penerjunan Statik dan Free Fall dilaksanakan sebanyak 4 sorties. Para penerjun ini mengunakan parasut statik berjenis MC 11 C, sedangkan penerjun free fall mengunakan parasut jenis Max3, Foil, dan Classic. Terjun Statik dilaksanakan pada ketinggian 1200 kaki, sedangkan Free Fall pada ketinggian 5000 feet. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.