Berita Nasional Terpercaya

4 Jembatan dan 15 Ruas Jalan Beton Menuju Tebing Breksi Diresmikan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan 15 peningkatan ruas jalan dan 4 buah pembangunan jembatan. Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo di Balkondes Tebing Breksi Sambirejo, Prambanan, Sleman, Kamis 14 Maret 2019.

Bupati Sleman Sri Purnomo berpesan kepada para pengendara truk dengan muatan besar untuk tidak melalui ruas jalan tertentu dengan menaati rambu-rambu jalan karena jalan memiliki kelas dan daya tahan terhadap beban yang berbeda- beda. Ia meminta masyarakat dapat berperan aktif untuk memberhentikan truk dengan muatan besar agar tidak melalui beberapa ruas jalan yang tidak diperuntukkan untuk truk muatan besar.

?Jalan memiliki kelas-kelas yang berbeda. Jika dilewati yang tidak sesuai dengan tonasenya, lama-kelamaan jalan akan cepat rusak,? katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sleman untuk segera melapor ke Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman jika menemui jalan dengan kerusakan kecil agar segera ditindaklanjut.

?Jika menemukan kerusakan kecil untuk segera melapor dan segera di tangani. Jangan menunggu hingga kerusakan sudah parah,? tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Sapto Winarno mengatakan Bidang Bina Marga DPUPKP Sleman mengatakan pembangunan peningkatan jalan sebanyak 15 ruas jalan dan pembangunan jembatan membutuhkan anggaran sebesar 119 Milyar Rupiah lebih.

Ia menjelaskan pembangunan ruas jalan dengan menggunakaan rigit beton, khususnya untuk daerah perbukitan dan ruas jalan akses menuju daerah wisata maupun daerah wisata merapi.

“Rigit beton untuk pembangunan ruas lahan.karena mempunyai usia yang lebih tahan lama dibandingkan aspal dengan pemelihaaraan yang murah,? katanya.

Ia juga berharap warga masyarakat untuk ikut berperan, misal melakukan pelaporan melalui Lapor Sleman jika mendapati jalanan yang rusak. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.