Berita Nasional Terpercaya

Jogja Upayakan Pertumbuhan Koperasi Baru

0

YOGYA, BERNAS.ID – Tingkat pertumbuhan koperasi baru di Kota Yogyakarta sangat rendah. Karena itu, Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat tetap mengupayakan munculnya koperasi baru tiap tahunnya.

?Dalam satu tahun, belum tentu ada satu koperasi baru yang muncul. Namun, dalam dua tahun terakhir ada penambahan koperasi baru meski jumlahnya tidak banyak,? kata Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Prabaningtyas, Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya, koperasi baru yang muncul dalam dua tahun terakhir berasal dari pra koperasi di kecamatan. Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta meminta setiap kecamatan mengajukan setidaknya satu usulan pra koperasi setiap tahunnya.

Pra koperasi yang dinilai sudah mampu menjalankan berbagai kegiatan layaknya sebuah koperasi, di antaranya memiliki anggota lebih dari 20 orang, menjalankan rapat anggota tahunan, membagikan sisa hasil usaha serta memiliki simpanan pokok dan wajib anggota akan diusulkan menjadi koperasi.

?Setiap pra koperasi ini dilombakan dan yang menjadi juara diusulkan menjadi koperasi,? sambungnya.

Pendirian pra koperasi menjadi koperasi tersebut juga melewati berbagai tahapan di antaranya, rapat pendiri koperasi, pengajuan akta ke notaris dan usulan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk penetapannya.

?Dari hasil lomba pra koperasi pada 2017, sudah ada satu koperasi baru yang diusulkan ke Kemenkop dan UKM, sedangkan dari hasil lomba pra koperasi 2018 sedang dalam proses di notaris,? katanya.

Sementara itu, untuk penilaian pra koperasi 2019, sudah ada dua kecamatan yang menyerahkan usulan pra koperasi ke Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta yaitu dari Kecamatan Mergangsan dan Umbulharjo.

?Kami masih tunggu usulan dari 12 kecamatan lainnya. Hasil penilaian rencananya kami sampaikan bertepatan dengan hari Koperasi,? katanya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, saat ini terdapat 364 koperasi aktif. Sebagian besar adalah koperasi simpan pinjam. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.