Berita Nasional Terpercaya

Begini Sensasinya Naik Jip Wisata di Tebing Breksi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Keberadaan jip wisata di kawawan Tebing Breksi di Desa Wisata Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, selain menambah daya tarik obyek wisata, tentunya juga mendongkrak wisatawan yang berkunjung.

Sopir jip wisata, Aris, Sabtu (16/03/2019), kepada Bernas.id, menjelaskan,  keberadaan jip wisata dalam naunngan ?Shiva Plateau Prambanan (SPP)? di Tebing Breksi apabila hari libur atau weekend bisa mencapai 40 jip yang mangkal menunggu penumpang wisatawan.

?Untuk hari libur dan weekend, jip wisata yang mangkal di Tebing Breksi sendiri ada sekitar 40 jip dan yang berada di Candi Ijo mungkin ada sekitar 15 jip wisata. Ada tiga koridor pintu masuk jip wisata, yaitu di TWC, Tebing Breksi, dan Candi Ijo,?terang Aris, sopir sekaligus pemilik jip yang berasal dari Widomartani, Sleman.

Berdasar pantauan Bernas.id, komunitas jip wisata SPP  dibandingkan dengan komunitas jip wisata Lava Tour Merapi (LTM) sangat beda tampilannya. Produk jip maupun tahun pembuatannya, jip wisata LTM rata-rata mengandalkan mobil jip buatan Amerika, tahun 1960an atau kategori mobil antik. Sementara, jip wisata Tebing Breksi kebanyakan jip mobil buatan Jepang bertahun 1980an.

Vincentia Melana wisatawan dari Surabaya yang berlibur ke Yogyakarta bersama keluarganya saat ditemui oleh Bernas.id, mengatakan, naik jip wisata di Tebing Breksi sensasinya berbeda dibandingkan di LTM, jip wisata SPP lebih memperlihatkan pada keindahan alam pedesaan dan bangunan candi-candi peninggalan zaman Mataram Hindu. Dan jip wisata LTM lebih mengutamakan sensasi petualangan.

?Di Madura juga ada obyek wisata serupa Tebing Breksi, bahkan lebih besar dan lebih luas. Tapi tidak ada jip wisata semacam di sini. Sehingga wisatawan kalau ingin mengelilingi sekitarnya harus membawa mobil sendiri. Kebetulan saya juga pernah naik jip wisata di Lava Tour Merapi, sensasinya lebih pada petualangan, kalau di sini lebih memperlihatkan keindahan alam pedesaan dan candi-candi,? ujar Melana.

Sementara itu, bagi wisatawan yang berkunjung ke Tebing Breksi yang menginginkan menikmati pemandangan alam sekitar dengan naik jip wisata, ada tiga pilihan paket berdasar jauh dekatnya rute. Komunitas jip wisata ?Shiva Plateau Prambanan (SPP)? pun memasang baliho yang berisi peta rute jip wisata dan tempat-tempat yang dilewatinya. Hal itu, untuk mempermudah wisatawan dalam menentukan paket pilihan rute sesuai dengan kemampuan koceknya. Adapun harga paket pilihan rute atau trip dari berkisar Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000, dengan kapasitas jumlah penumpang empat orang setiap jip wisata. (ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.