Berita Nasional Terpercaya

Menristek Resmikan Perpustakaan Instiper

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Gedung Perpustakaan INSTIPER dibangun dengan luas total 3.215 m2 yang terdiri dari 3 lantai dan 1 basement, diperuntukkan untuk civitas akademika INSTIPER maupun masyarakat umum dalam mencari buku, artikel, dan jurnal ilmiah.

Istimewanya, perpustakaan ini didesain sebagai lokasi mahasiswa untuk berkumpul atau berdiskusi.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Prof H Mohammad Nasir, PhD, Ak, pada kunjungannya ke INSTIPER (18/3) berkesempatan meresmikan gedung Perpustakaan INSTIPER yang telah selesai dibangun pada Desember 2018 lalu.

Setelah melakukan pemotongan buntal dan mendatangani prasasti peresmian gedung, Moh Nasir beserta rombongan berkesempatan untuk meninjau Gallery Perkebunan yang sedang dikembangkan INSTIPER sebagai pusat informasi dan pengetahuan tentang Perkebunan di Indonesia.

“Lantai basement Gedung Perpustakaan pada saat ini dikembangkan sebagai Gallery Perkebunan. Gallery Perkebunan tersebut nantinya akan menjadi salah satu pusat informasi dan pengetahuan tentang budidaya, komoditas, dan pengembangan teknologi di bidang perkebunan di Indonesia. Terdapat berbagai komoditas perkebunan yang nantinya akan ditampilkan dalam Gallery Perkebunan tersebut seperti kelapa sawit, kopi, kakao, karet, tebu, teh, tembakau, cengkeh, lada, dan komoditas perkebunan lainnya. Hal ini dilakukan INSTIPER sebagai bukti totalitas INSTIPER yang memilih core competency pendidikan di bidang perkebunan dan kehutanan. Jika masyarakat Indonesia ingin mempelajari tentangperkebunan Indonesia cukup berkunjung ke INSTIPER Yogyakarta,” jelas Betti Yuniasih, Humas INSTIPER.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Rektor INSTIPER, Dr Purwadi menambahkan, “Selain mengembangkan Gallery Perkebunan pada saat ini INSTIPER juga menyiapkan Model Pendidikan Tinggi 4.0 dan juga rencana pengembangan pendidikan tinggi yang baru, yaitu Politeknik Perkebunan Stiper Yogyakarta, yaitu program pendidikan sarjana terapan bidang perkebunan dan industri serta bisnisnya. Untuk awal pendirian direncanakan ada 3 jurusan, yaitu Agroteknologi Kelapa Sawit, Teknologi Kelapa Sawit, dan Agroindustri Kopi. Selanjutnya akan ditambah untuk komoditas teh, kakao, dan gula.”

Pendidikan ini memiliki ciri khas INSTIPER dengan platform yang baru baik dalam model pendidikan dan proses pendidikannya seperti kurikulum khas INSTIPER dan desain pembelajaran yang juga khas. Semua ini disiapkan INSTIER untuk menyongsong era baru model pendidikan kompetensi dengan memanfaatkan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan di era industry 4.0 serta dirancang untuk mahasiswa generasi milenial. Pada awal pembukaannya program pendidikan ini akan diisi mahasiswa beasiswa dari perusahaan.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Pada model pendidikan yang tengah dikembangkan INSTIPER ini, mahasiswa akan menjalani kurikulum blok dan system ME-ME yang tidak mengenal istilah DO (drop out). Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di suatu blok dan pengambilan bloknya pun tidak harus urut. Mahasiswa yang mengambil suatu blok akan mendapatkan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai bukti bahwa dirinya telah lulus pada blok yang diambilnya tersebut.

Mahasiswa tidak harus menjalani pendidikan sepanjang waktu, bisa saja mahasiswa yang telah lulus kompetensi tertentu kemudian melanjutkan bekerja, dan jika ingin melanjutkan kuliah lagi bisa langsung mengambil blok lain yang belum ditempuhnya.

Untuk memudahkan mahasiswa yang mengambil pendidikan blok bisa sambil tetap bekerja karena model pendidikan ini akan menggunakan model pembelajaran online (daring) menggunakan platform Google Enterprise for Education dengan bekerjasama Google Indonesia. Kemudian, mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan semua blok akan dinyatakan lulus dan dapat memperoleh Ijazah Sarjana Terapan. (jat)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.