Berita Nasional Terpercaya

TNI-Polri Memantapkan Kesiapan Jelang Kampanye Terbuka Pemilu 2019

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Ratusan anggota TNI-POLRI beserta organisasi masyarakat (pam swakarsa) seperti KPU, Bawaslu, dan Linmas menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat 22 Maret 2019.

Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri membacakan sambutan Menteri Koordinator Politisi, Hukum, dan HAM, Wiranto, mengatakan meski TNI-POLRI fungsi dan perannya berada di luar pemilu, tapi sangat menentukan berlangsungnya pemilu agar berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Kita turut merasakan dalam Pemilu 2019 muncul berbagai kerawanan seperti penyebaran berita bohong atau hoaks, serta meningkatnya politik identitas. Dalam ajang Pemilu 2019, itu merupakan bentuk teror kepada masyarakat karena akan memengaruhi psikologis masyarakat. Untuk pelakunya harus diambil tindakan tegas secara hukum,” katanya di hadapan ratusan anggota TNI-POLRI.

Kapolda DIY mengatakan apel gelar pasukan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, gabungan TNI-POLRI dan seluruh organisasi masyarakat (pam swakarsa). “Tujuannya, kita ingin menunjukkan kepada masyarakat kesiapan untuk pengamanan kampanye terbuka dan saat pencoblosannya pada saat 17 April nanti,” ujarnya.

Untuk pengamanan saat kampanye terbuka, Kapolda menyebut selain lokasi, juga akan dipantau dan diamankan jalur-jalur menuju lokasi kampanye serta titik-titik kerawanan, khususnya lokasi yang dihuni oleh kelompok-kelompok tertentu yang ditengarai sering terjadi gesekan. “Itu yang menjadi fokus pengamanan kita,” ujarnya.

“Begitu juga akan dilakukan terkait dengan penindakan terhadap pelanggaran lalu-lintas terutama yang memakai knalpot blombongan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Kita juga sudah bersepakat dengan ketua partai,” imbuhnya.

Ia menyebut untuk kerawanan di kampanye terbuka, yaitu terjadinya gesekan antarpendukung. “Itu yang kita antisipasi bersama. Kemarin, kampanye yang sifatnya terbatas, sudah terjadi,” ucapnya.

Sedangkan, Danrem Pamungkas 072, Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan TNI siap untuk mendukung tugas-tugas pengamanan terkait Pemilu 2019. “Kita sudah siap. Kita sudah siaga agar pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Danrem Korem 072 Pamungkas mengatakan pihaknya akan mengerahkan kurang lebih 2000 personel. “Kita siap membackup tugas kepolisian. Kami mengimbau masyarakat, mari bersama-sama untuk mendukung tugas aparat keamanan agar tercipta situasi yang aman dan damai,” katanya.

“Kesiapan dan kesiagaan telah kita tunjukkan. Bersama Tuhan, kita menjalani tugas agar pemilu berjalan dengan aman dan damai,”tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.