Berita Nasional Terpercaya

Inilah Agenda Acara Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia di Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Acara deklarasi bersama Paslon Capres Nomor 01 Jokowi, dengan tajuk “Alumni Jogja SATUkan Indonesia” di Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019) dimulai pukul 08:00 hingga pukul 13:00 WIB.. Open gate (pintu dibuka) pukul 05:30 WIB dan acara dimulai pukul 08:00 WIB. Bagi relawan peserta deklarasi disiapkan dua pintu masuk dan keluar di sisi timur Stadion Kridosono, yaitu sisi utara dekat SMPN 5 dan sisi selatan pertigaan Balai Pamungkas, di setiap pintu akan ada pemeriksaan peserta dengan metal detector dan x-ray.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

“Sudah terdaftar lebih 45.000 relawan peserta yang akan hadir dalam acara deklarasi “Alumni Jogja SATUkan Indonesia”. Sementara kapasitas/ daya tampung Stadion Kridosono cuma berkisar 28.000 orang, sehingga selebihnya peserta akan meluber di sekitar lapangan. Oleh karena itu panitia telah berusaha mempersiapkan untuk mengantisipasi semua itu,” kata Anggota Tim Advokasi Panitia, Dr Y Sri Susilo SE MSi kepada Bernas.id, Kamis (21/03/2019).

Sri Susilo memaparkan berbagai persiapan dari panitia, serta ketentuan atau tata tertib untuk para relawan peserta deklarasi. Tata tertib bagi peserta deklarasi yaitu, tidak boleh membawa anak kecil di bawah usia 17 tahu, peserta dilarang membawa dan menggunakan drone, dilarang membawa sajam/ senpi, dan dilarang memakai atribut partai, bendera lascar serta ormas.

Acara deklarasi “Alumni Jogja SATUkan Indonesia”, Sabtu, 23 Maret 2019, adalah puncak dari seluruh rangkaian Deklarasi Alumni yang pernah ada. Acara deklarasi ini merupakan deklarasi dan gelar budaya, deklarasi rasa seni, sehingga peserta diperbolehkan memberikan sentuhan etnis seperti ikat kepala, kain, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Radius 200 meter dari tempat acara seteril kendaraan, untuk kantung parkir kendaraan roda empat dan bis, di depan Kampus UKDW, Galleria Mall, Halaman McD Gondolayu, Gereja Kotabaru. Untuk parkir sepeda motor, di seputaran Masjid Syuhada dan sekitar gudang semen Stasiun Lempuyangan (selatan Kridosono).

“Mengingat padatnya acara, sebaiknya para relawan peserta sarapan terlebih dahulu dari rumah sebelumnya dan membawa topi, jas hujan, serta alas duduk. Panitia pun juga mempersiapkan gerai kuliner dan food truck yang menjual aneka makanan tradisional dan jajanan milenia. Peserta diimbau untuk ikut menjaga keamanan dan kebersihan tempat acara,”imbuhnya.

Jokowi beserta rombongan perjalanan dari Bali dan tiba di Bandara Adisucipto,  berkisar pukul 09:20 WiB. Kemudian dari UGM Bulaksumur sebagai transit menuju Kridosono naik sepeda, dengan diiringi oleh rombongan 500 pengendara sepeda dari komunitas sepeda dan teman-teman semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jokowi dan rombongan 20 sepeda masuk Stadion Kridosono melalui pintu barat yang diperuntukan tamu khusus VVIP.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Sementara itu, susunan acara yang telah disusun dan dibagikan oleh panitia ke seluruh koordinator rombongan relawan yang akan hadir, pertama yaitu flashmob Goyang Jempol Jokowi Gaspol, Musik, Tari-tarian, Penampilan Jaduk dan Kua Etnika. Lanjut, Jokowi beserta rombongan masuk tempat acara disambut Tari Kuda Lumping, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa oleh Sri Sultan HB X, Deklarasi oleh Slamet Raharjo, Orasi oleh Jokowi, dan penampilan band legendaris God Bless. Sebagai MC Acara oleh Andy F Noya, pembawa acara talks show terkenal di sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Ketua Panitia, Budi Kuncoro, dalam rilis yang dikirim ke Bernas.id, Jumat (22/03/2019), meminta maaf kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, juga kepada para wisatawan yang datang ke Jogja apabila aktivitas dan mobilitas akan terganggu dengan acara deklarasi ini.

“Dengan segala kerendahan hati dan penuh ketulusan, kami memohon maaf kepada masyarakat apabila pada hari Sabtu, 23 Maret 2019, terjadi banyak kemacetan lalulintas terutama di sekitar venue kegiatan di Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta,”tutur Budi Kuncoro. (ted)

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.