Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Ribu Orang Hadiri Acara Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –Puluhan ribu orang menghadiri acara Alumni Jogja SATUkan Indonesia di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019) pagi. Meski acara resmi baru dimulai pukul 08.00 WIB, namun sejak pukul 05.30 WIB mereka mulai memasuki stadion berkapasitas sekitar 30.000 orang itu dengan tertib. Dan ketika waktu menunjukkan pukul 08.00 Stadion Kridosono sudah dipadati manusia, bahkan sebagian orang menyaksikan acara dari luar stadion.

Saat menunggu kedatangan Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) yang bersepeda dari bundaran UGM Bulaksumur bersama Ibu Iriani Joko Widodo, mereka dihibur dengan aneka flashmob, musik dan lagu-lagu serta tari-tarian. Cuaca yang sempat panas menjelang siang tidak mengendorkan semangat warga mengikuti acara deklarasi Alumni Jogja untuk pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'aruf Amin itu.

“Sangat luar biasa antusiasme warga menyambut kedatangan pakdhe Jokowi. Meski cuaca sempat panas tapi mereka tetap semangat, berjoget, bernyanyi tanpa henti hingga pakdhe Jokowi tiba di tempat acara,” kata Ari, salah satu relawan asal Dusun Nologaten, Desa Caturtunggal, Kec Depok, Kabupaten Sleman yang bersama suaminya Sumarno datang ke Stadion Kridosono sejak pukul 06.00 WIB.

Prosesi kedatangan Jokowi ke lokasi acara sangat unik dan berbeda dibanding ketika menghadiri deklarasi di kawasan atau kota lain. Jokowi naik sepeda onthel dari Bundaran UGM Bulaksumur bersama rombongan antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Yenny Wahid, Kepala Staf Kepresidenan Pramono Anung,  aktor kawakan Slamet Raharjo dan sejumlah pejabat serta sekitar 500 anggota komunitas sepeda onthel Jogja. Di sepanjang jalan yang dilalui konvoi sepeda rombongan Jokowi disambut meriah oleh warga yang berdiri di tepi jalan. Bahkan ada yang nekat menerobos barisan sepeda yang dikendarai paspampres hanya untuk menyalami Jokowi.

Begitu sampai di stadion, Jokowi bersama rombongan disambut sangat meriah oleh warga yang hadir dengan menyebut nama Jokowi, Jokowi, Jokowi sambil melambaikan tangan dan mengacungkan satu jempol. Jokowi tidak langsung ke panggung namun melewati kerumunan warga di lapangan sehingga butuh waktu cukup lama untuk sampai ke panggung karena warga selalu meminta bersalaman dan foto selfie.

Acara deklarasi diawali dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan lantang oleh seluruh peserta deklarasi, lalu dilanjutkan dengan doa secara Islam yang diamini oleh seluruh warga yang hadir dengan berbagai latar belakang agama. Setelah doa, seorang santri membacakan deklarasi yang intinya alumn Jogja mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'aruf Amin untuk menjadi Presiden RI periode 2019-2024.

Acara dimeriahkan dengan flashmob Juki Kill the DJ, orkestra gamelan Djaduk Ferianto, musisi Sri Krishna, Band Legendaris God Bless yang dimotori Ahmad Albar dan Ian Antono. Selain itu tampil grup NDX yang memiliki pangsa penggemar tersendiri di Yogyakarta dan sekitarnya.

“Saya sangat puas karena acara sangat meriah, peserta membludak, tertib. Dan Pak Jokowi menyampaikan pidato lebih lama dari biasanya. Pak Jokowi juga sudah mulai tegas dan berani melawan segala bentuk fitnahan dan hoax secara terbuka,” kata Kuss Indarto, Direktur Komunikasi, Publikasi dan Dokumentasi Panitia Deklarasi

Acara berakhir hingga pukul 11.30 WIB dan peserta bubar dengan tertib. Sebelum meninggalkan lokasi, peserta deklarasi secara spontan ikut membersihkan sampah-sampah yang berserakan dengan memasukkannya ke dalam plastik kresek ukuran besar yang disediakan panitia. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.