Berita Nasional Terpercaya

Pengelolaan Air Tanggung Jawab Bersama

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pengelolaan air dapat dilakukan dengan menjaga kelestarian ekosistem secara keseluruhan. Begitu pun sebaliknya, kerusakan lingkungan juga akan berpengaruh pada kondisi air di wilayah kita.

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, secara simbolis, Pemerintah Kabupaten Sleman menebar benih ikan dan menanam pohon di Embung Kaliaji, Turi, Sabtu 23 Maret 2019.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengajak masyarakat untuk bersyukur karena kita saat ini hidup di daerah tropis selalu dilimpahi ketersediaan air yang cukup. Ia mengatakan rasa syukur dapat diwujudkan dengan memperbaiki pengelolaan air yang ada di sekitar kita.

?Ketika kita air itu dikelola dengan baik, air akan sangat berguna bagi kehidupan kita. Tapi ketika tidak dikelola dengan baik, air akan dapat menjadi banjir di musim hujan, dan akan terjadi kekeringan ketika kemarau,” jelasnya.

Sri Purnomo mengatakan pengelolaan air tidak bisa dibebankan pada satu pihak saja, melainkan tanggung jawab bersama yang saling berkaitan satu sama lain.

Sedangkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Sapto Winarno, mengatakan peringatan Hari Air Sedunia dimaksudkan untuk menarik atensi masyarakat internasional mengenai air bersih bagi kehidupan. Di samping itu kegiatan ini juga sebagai usaha advokasi untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan.

?Ini adalah hari untuk membuat komitmen bersama untuk dapat memenuhi kebutuhan air bagi seluruh masyarakat di dunia. Sesuai dengan temanya, maka semua semua orang berhak mendapatkan air bersih, jangan sampai ada yang tertinggal,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.