Berita Nasional Terpercaya

Lapangan Stadion Kridosono Langsung Bersih Usai Deklarasi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Meski dihadiri puluhan ribu orang dengan membawa aneka bungkus makanan, minuman dan alas duduk, lapangan Stadion Kridosono Yogyakarta langsung bersih begitu acara Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia, Sabtu (23/3/2019), selesai. Sebab, di sela-sela acara, panitia yang dibantu peserta ikut memungut sampah bekas bungkus makanan, minuman dan alas duduk lalu memasukkannya ke dalam kantong plastik kresek ukuran besar.

“Begitu peserta meninggalkan lokasi, saat itu pula kondisi lapangan harus bersih, bebas dari sampah,” kata Direktur Direktorat Komunikasi, Publikasi dan Dokumentasi, Alumni Jogja SATUkan Indonesia Kuss Indarto kepada Bernas.id di sela-sela acara.

Dari pengamatan Bernas.id, meski acara masih berlangsung, sejumlah panitia sudah bergerak menyebar memunguti sampah-sampah yang ada di antara ribuan peserta yang dengan antusias mengikuti acara. Sampah-sampah tersebut bukan hanya bekas bungkusan makanan dan minuman serta alas duduk tapi juga sebagian berupa makanan dan minuman yang masih utuh karena belum sempat dimakan/diminum namun terinjak-injak oleh peserta karena tidak sempat diambil pemiliknya.

Begitu ribuan peserta meninggalkan lapangan dengan tertib, lapangan sudah tampak bersih, bebas dari sampah. Tidak hanya di dalam stadion, di luar stadion pun sampah-sampah langsung dibersihkan. Dakam acara itu,  semua peserta yang hadir baik di dalam maupun luar stadion mendapat kotak snack dan minuman air mineral dari panitia. Peserta juga membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

“Ini menunjukkan adanya kesadaran dan kepedulian peserta untuk menjaga kebersihan. Tanpa diminta, mereka membersihkan sendiri sampah-sampah yang ada. Dan pihak panitia sendiri sudah mempersiapkan tenaga-tenaga yang khusus untuk membersihkan sampah dengan menyiapkan ratusan kantong plastik kresek ukuran besar untuk menampung sampah yang ada,” kata Kuss Indarto. (lip)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.