Berita Nasional Terpercaya

Mendikbud: Logjam Tidak Ganggu Agenda Ujian Nasional

0

SLEMAN, BERNAS.ID-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan logjam 10-15 menit ketika masuk sistem komputerisasi ujian nasional tidak akan begitu berpengaruh terhadap agenda ujian nasional yang sudah ditetapkan.

“Pasti terjadi logjam karena dalam waktu bersamaan seluruh Indonesia mencoba masuk. Butuh 5-10 menit untuk membuka pintu cadangannya,” ujarnya seusai membuka kegiatan ?Memperkuat Peran Auditor dan Pengawas Sekolah Dalam Mempromosikan Toleransi dan Multikulturalisme di Sekolah? di P4TK Matematika Yogyakarta, Condongcatur, Sleman, Senin 25 Maret 2019.

Mendikbud pun mengatakan biasanya, sudah tidak akan logjam untuk hari yang kedua.”Untuk yang mengalami logjam, pasti ada tambahan waktu dengan waktu yang sama saat logjam,” ujarnya.

Muhadjir meyakini ujian nasional yang sudah direformasi memberikan dampak perubahan, terutama untuk sisi kejujuran. “Pertama, penerapan komputer sudah dilakukan secara masif 91 persen. Lalu, waktunya tidak harus bersamaan, bisa beberapa gelombang dan bergantian dan soal dibuat beda satu sama sama lain sehingga 99 persen praktek curang dan ketidakjujuran yang sistematik hilang sehingga ujian nasional ini memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi,” bebernya.

“Jujur dulu yang kita prioritaskan, lalu kita akan benahi aspek hasil dari ujian nasional,” tambahnya.

Sedangkan, Kepala Sekolah SMKN 1 Depok, Suprapto, Spd, MM mengatakan ujian nasional di sekolahnya lancar dan tidak ada masalah.

“Hari pertama lancar, tidak ada masalah,” katanya.

Untuk kendala, ia mengatakan keterlambatan bukan karena logjam, tetapi token yang dipakai untuk membuka soal dari pusat belum dikirim. “Kita bukan sulit masuk sistem, tapi token dari Jakarta belum masuk. Jadi server kita terhubung dengan server pusat,” ujarnya.

“Nah yang memberikan kunci itu dari pusat. Nah, datangnya terlambat. Harusnya jam 8, tapi mundur 5 menit. Itu tidak akan mengurangi jamnya karena akan tetap 120 menit. Sudah otomatis itu,” imbuhnya.

Di SMKN 1 Depok Sleman ada tiga sesi ujian nasional pada pukul 8-10, 10.30- 13.00, dan 14.00-16.00 dengan peserta 280 siswa. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.