Berita Nasional Terpercaya

SBMPTMu Tawarkan 881 Prodi

0

BANTUL, BERNAS.ID- Di tahun 2019, SBMPTMu (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau Aisyiyah) memasuki tahun yang kedua setelah launching pertama tahun 2018. SBMPTMu bertujuan untuk mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

SBMPTMu tahun 2019 akan diikuti oleh 67 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada 881 program studi yang ditawarkan di seluruh PTMA.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto dalam sambutannya mengatakan SBMPTMu dengan tahun kemarin yang masih terbatas, khusus kampus Muhammadiyah yang memiliki fakultas kedokteran saja. “Saat ini, kita buka seluruh potensi program studi yang ada di Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh Indonesia,” katanya ketika konferensi pers di UMY, 22 April 2019.

Rektor pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim IT yang sudah bekerja sejak dua bulan lalu untuk menyiapkan SBMPTMu. “Terima kasih atas dukungan, kerjasama, dan support. Mudah-mudahan kita akan bisa saling memperbaiki sistem dan menambah keikutsertaan peserta,” katanya.

“Peserta SBMPTMu pun tidak harus datang ke kota kampus Muhammadiyah berada yang dipilih. Calon peserta bisa mendaftar di kota-kota lain dan tes di kota itu,” imbuhnya.

Seleksi SBMPTM akan menggunakan sistem Komputer Based Test (CBT). Peserta dapat memilih lokasi tes. SBMPTMu dibagi menjadi dua kelompok, pertama Kelompok I untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan biaya pendaftaran Rp750.000 dan Kelompok II untuk program studi lainnya dengan biaya pendaftaran Rp300.000.

Pendaftaran untuk Kelompok I akan dibuka mulai tanggal 29 April sampai 3 Juli 2019. Sedangkan, untuk Kelompok II, akan dibuka pendaftaran mulai tanggal 29 April sampai 17 Juli 2019. Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada Ahad 21 Juli 2019 dan calon mahasiswa yang lolos seleksi akan diumumkan pada hari Kamis 25 April 2019.

Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu akan memudahkan calon mahasiswa untuk memilih PTMA tujuannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online sbmptmu.id dan melakukan pembayaran melalui transfer via bank.

Untuk keperluan pendaftaran, peserta mengunggah raport semester 5 bagi lulusan tahun 2019 atau ijazah bagi lulusan tahun 2018 dengan pas foto berwarna dan kartu identitas berupa KTP, paspor, atau SIM. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.