Berita Nasional Terpercaya

Dubes Turki RI Raih Outstanding Alumni Award dari UMY

0

BANTUL, BERNAS.ID- Tahun 2019, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang genap berusia 38 tahun telah meluluskan 48.597 alumni, tersebar di berbagai pelosok Nusantara bahkan dunia. Puluhan ribu alumni UMY telah turut memberi kontribusi didalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Untuk itu, UMY memberikan penghargaan bagi alumninya yang berhasil memberi perubahan menjadi lebih baik bagi lingkungan sekitarnya, dinamai Alumni Award.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief, MA, PhD dalam sambutan di malam penganugerahan award tersebut menjelaskan alasan dilakukan pemberian penghargaan bagi alumni. “Selain untuk mempererat hubungan antara kampus dengan alumni, juga memberikan penghargaan bahwa kontribusi yang mereka lakukan secara tidak langsung mengharumkan nama UMY, kemudian sebagai inspirasi kepada mahasiswa aktif dengan melihat perjuangan dan hasil yang telah dilakukan oleh alumninya, serta untuk mendorong berbagai Program Studi untuk melakukan deteksi terhadap alumninya,” ungkap Hilman Latief, Jumat malam 3 Mei 2019.

Dalam pesannya, Duta Besar RI untuk Turki, Dr Lalu Muhammad Iqbal yang juga alumni Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyebutkan bahwa UMY telah melewati fase membuktikan eksistensinya, “Eksistensi UMY sudah sangat diakui dimanapun, Sekarang alumni UMY yang masuk ke Kementerian Luar Negeri sudah ranking 1, jadi tidak ada lagi lulusan UMY yang merasa terintimidasi, dipertanyakan lulusan darimana, UMY merupakan alumni pertama yang masuk ke Kemenlu bersaing secara fair, sehingga periode pembuktian eksistensi itu sudah selesai bagi UMY. Kalau disebutkan 10 universitas swasta terbaik, UMY pasti masuk disitu,” ungkapnya.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Dr Lalu pun menyatakan bahwa kini saatnya alumni UMY memasuki periode pembuktian kontribusinya, terutama terhadap Community Development. “Alumni Award ini ke depannya hendaknya diberikan kepada sosial entrepreneurs, yaitu alumni UMY yang melakukan kiprah-kiprah sosial di lapangan yang pasti banyak bertebaran dimana-mana, karena itu naluri alumni UMY,” tambahnya.

Dalam malam penghargaan, Dr Lalu Muhammad Iqbal menerima Outstanding Alumni Award, Penghargaan Luar Biasa Alumni Award UMY, apresiasi dari kampus untuk kontribusi nyata alumni yang dihelat di selasar Gedung Pasca Sarjana Kampus UMY Ringroad Selatan.

Pada 7 Januari 2019, alumnus Hubungan Internasional UMY tahun 1991 itu resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Turki yang berkedudukan di Ankara. Karir diplomat Dr. Lalu Muhamad Iqbal juga terhitung cepat. Sebelum diangkat menjadi Duta Besar, dia dipercaya menjadi Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) dan menjadi Direktur termuda di lingkungan Kementerian Luar Negeri. Dari Direktorat Perlindungan WNI dan BHI inilah ia banyak mendapatkan spektrum baru tentang peran dan fungsi diplomat di tengah pusaran sosial, politik dan ekonomi global yang terus berubah. 

Alumni Award juga diberikan kepada akademisi dan aktivis Muhammadiyah di Nusa Tenggara Barat, H Falahuddin, SAg, MAg. Kiprahnya untuk umat tidak hanya melalui keterlibatan dirinya sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Nusa Tenggara Barat, namun juga terlibat aktif sebagai anggota Tim Penyelaras Kebijakan Gubernur NTB, sejak 2016 hingga kini.

Sebagai Wakil Ketua FKUB Provinsi NTB, 2017-2021 dan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) NTB Periode 2015-2019. Dalam bidang akademik, alumnus FAI UMY ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Mataram periode 2013-2017 dan menghasilkan beberapa karya buku seperti Kuliah Fikih Ibadah, Kuliah Kemuhammadiyahan, dan Pendekatan komprehensif-Integratif dalam Kajian Fikih Terorisme. (jat)

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.