Berita Nasional Terpercaya

Sambut Ramadhan, Warga Purwokinanti Gelar Upacara Adat Ruwahan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menyambut Bulan suci Ramadhan, beberapa daerah di Yogyakarta memiliki tradisi yang khas dan sarat makna, seperti yang dilakukan warga Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta menggelar upacara adat ruwahan, ditandai dengan kirab budaya apeman, Sabtu (4/5/2019) bertempat di depan Kantor Kelurahan Purwokinanti, Jalan Harjowinatan, Pakualaman, Yogyakarta.

Lurah Purwokinanti, Dra Ertiana Erna Hendrayani menjelaskan, dalam kirab apeman yang telah dilaksanakan dua kali ini diikuti oleh 10 kelompok yang mewakili 10 RW yang ada di Kelurahan Purwokinanti.

“Menjelang datangnya bulan Puasa, kami warga Purwokinanti menggelar upacara adat ruwahan, dengan kirab apeman yang diikuti oleh warga Purwokinanti,” ujarnya disela acara.

Dalam kegiatan yang dibiayai dari dana keistimewaan DIY ini, memperebutkan piala bergilir kirab budaya tradisi apeman dari GKBRAA Pakualam X, dan lima piala tetap dari Lurah Purwokinanti.

“Ada juara satu, dua, tiga, harapan satu dan harapan dua, serta ada piala bergilir dari Gusti Putri Pakualam. Diharapkan acara ini akan berlangsung setiap tahunnya dan menjadi agenda rutin,” katanya.

Sementara itu GKBRAA Pakualam X mengatakan upacara adat ruwahan ini harus dilestarikan karena merupakan suatu nilai kebudayaan. “Upacara adat ruwahan ini mendukung kegiatan kebudayaan di DIY, termasuk Keraton,” katanya.

Budaya ruwahan, lanjut GKBRAA Pakualam X saat ini tidak hanya dilakukan di Keraton, tetapi setiap wilayah didaerah Yogyakarta telah melaksanakan upacara adat ruwahan menyambut bulan suci Ramadhan. “Setiap masing-masing daerah sekarang sudah banyak yang menggelar acara ruwahan apeman seperti ini,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.