Berita Nasional Terpercaya

43 Penerbang Muda TNI Dilantik KSAU

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM melantik 43 orang penerbang muda TNI, alumni Siswa Sekolah Penerbang TNI Terpadu dalam suatu upacara militer yang dikenal dengan nama Wingday di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Kamis 16 Mei 2019.

Empat puluh tiga penerbang muda tersebut merupakan lulusan dari Sekbang Angkatan 95. Terdiri dari 37 Perwira AU termasuk 2 Wara, dan 1 siswa Alumni Sekbang Amerika, 2 perwira AD dan 3 Perwira AL serta 1 dari Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM). Para penerbang yang akan memperkuat TNI AU ini terbagi menjadi  27 Penerbang jurusan Fix Wing dan 10 Penerbang Rotary Wingdan kesemuanya akan disebar ke Skadron TNI AU di seluruh Indonesia.

Berhasil lulus sebagai  siswa penerbang terbaik yakni Letda Pnb Silmi Mubarak S.Tr (Han) sebagai lulusan terbaik jurusan fix wing dan oleh Letda Pnb Anterio Chevalia Y, STr (Han) sebagai lulusan terbaik jurusan rotary wing.

Dalam sambutannya Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE, MM mengatakan bahwa Upacara Wingday merupakan momen yang ditunggu tunggu dan membahagiakan khususnya bagi para siswa Sekbang karena  upacara ini merupakan tahap akhir dari perjuangan yang telah dijalani selama mengikuti pendidian di Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara.

Menghadapi tantangan tugas yang semakin komplek dan berat, para perwira harus memperdalam ilmu dan mengasah kemampuan secara terus menerus, untuk menjadi awak pesawat dengan kualifikasi operasional, dibutuhkan persyaratan yang tidak mudah. Harus terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas.

?Seorang penerbang harus memiliki Knowledge tentang dunia penerbangan dan pengetahuan lain yang mendukung operasi penerbangan. Seorang air crew juga membutuhkan latihan dan pembinaan berkelanjutan untuk membentuk skill terbang yang mumpuni sehingga dpat melaksanakan segala misi penerbangan dengan aman dan lancar,? tegasnya.

Kasau menyematkan tanda pangkat dan Wing Penerbang serta penyerahan trofi kepada kedua siswa terbaik diiringi flypass oleh pesawat tempur T-50 dan pesawat F-16 di angkasa Lanud Adisutjipto. Dalam upacara resmi ini pula, dilaksanakan penandatanganan naskah berita acara penyerahan Perwira TNI lulusan Sekolah Penerbang Angkatan 95 dari Komandan Kodiklatau kepada Asisten Personel Panglima TNI. Selanjutnya, penyerahan Perwira TNI Sekbang A-95 dari Aspers Panglima TNI kepada Asisten Personel masing-masing angkatan, Aspers Kasad, Aspers Kasal, dan Aspers Kasau.

Di penghujung upacara Wingday Penerbang A-95, Upacara Wingday akan dimeriahkan dengan atraksi dari pesawat latih Sekolah Penerbang Lanud Adisutjipto diantaranya penampilan Jupiter Aerobatic Team, Pesawat G-120 TPA-Grob  dan atraksi terjun payung dari anggota TNI Angkatan Udara

Sebelum melaksanakan Wingday para calon penerbang telah melaksanakan rangkaian kegiatan diantaranya Ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto dan acara Tradisi Penyematan Wing Penerbang serta Upacara Penutupan Pendidikan  oleh Komandan Kodiklatau  Marsda TNI Andjar Sungkowo SE, MSi (Han) bertempat di Wisma Adi Lanud Adisutjipto. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.