Berita Nasional Terpercaya

Uang Baru Segera Banyak Beredar di Beringharjo, Gantikan Uang Lusuh

0

YOGYA, BERNAS.ID – Guna mengurangi jumlah uang lusuh yang beredar di masyarakat, Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meresmikan Pasar Kawasan Bebas Uang Lusuh (Pa' Kabul) di Pasar Beringharjo, Rabu (22/5/2019).

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Siti Priyani, mengatakan program ini merupakan kerja sama BI dengan Pemkot Jogja dalam upaya menyediakan uang layak edar di masyarakat.

 “Kami harus memastikan masyarakat memperoleh uang dengan kondisi yang baik,” katanya.

Ia menjelaskan, uang lusuh selain tidak enak dipegang juga yang lebih berbahaya adalah mengandung banyak kuman. Untuk angka pendek dampak kuman pada uang memang belum terasa, tapi di kemudian hari bisa menimbulkan banyak penyakit.

Dalam program ini, BI merangkul dua bank lain, yakni Mandiri dan BPR Bank Jogja, yang akan menyebar agen di sejumlah titik di Pasae Beringharjo untuk menukarkan uang lusuh di masyarakat dengan uang baru dalam kondisi bersih.

Pasar dipilih sebagai tempat agen beroperasi karena menurutnya, pasar merupakan sumber uang lusuh. Selain karena banyaknya transaksi, cara menyimpan uang yang sembarangan juga menjadi penyebab banyak uang lusuh berasal dari pasar.

Dengan banyaknya uang bersih yang beredar di pasar, ia berharap dapat turut meningkatkan daya tarik pasar bagi para pembeli. “Seperti di Beringharjo ini, fisiknya sudah bersih, uangnya juga bersih, pembeli semakin tertarik,” kata dia.

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan program Pa' Kabul sangat penting agar uang di masyarakat selalu bersih. Sebab ia melihat di pasar masih banyak pedagang yang menyimpan uangnya asal dimasukkan ke dalam baju.

“Terus kena keringat dan umannya kemana-mana,” katanya.

Ia melanjutkan, Pasar Beringharjo merupakan pusat peredaran uang terbesar di Jogja. Karena itu ia berharap dari program Pa' Kabul di Pasar Beringharjo ini bisa menjadi pelopor peredaran uang bersih.

“Pembeli yang diberi kembalian uang bersih akan merasa senang dan harapannya akan lebih semangat unutk membeli lagi.” (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.