Berita Nasional Terpercaya

Dinas Perpustakaan dan Arsip Sleman Adakan Pemilihan Pengelola Arsip Teladan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman menyelenggarakan pemilihan pengelola arsip teladan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di Sleman, saat ini ada 200 pengelola kearsipan yang tersebar di sejumlah OPD dengan SK Bupati.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman, Ayu Laksmi Dewi menjelaskan lomba ini diadakan dalam rangka, apresiasi terhadap pengelola arsip mengingat pentingnya pengelolaan arsip. “Kita memberikan apresiasi melalui lomba ini. Kita akan pilih pengelola arsip yang bisa dijadikan contoh,” katanya kepada Bernas.id, Senin 27 Mei 2019.

“Sekarang, bidang kearsipan ini terkendala dengan minimnya sumber daya manusia, baik dari sisi kuantitas dan kualitas,” imbuhnya.

Ia mengatakan upaya-upaya seperti lomba pemilihan pengelola arsip teladan diharapkan bisa memotivasi instansi atau organisasi baik daerah atau pusat agar menyelenggarakan  kearsipan dengan baik karena sudah ada ketentuan dari ANRI. “Setelah mereka terpilih menjadi yang teladan, kita akan libatkan dalam berbagai kegiatan yang ada. Selain itu, pengelola kearsipan bisa mendapatkan perhatian yang memadai dari atasan atau institusi Pemda karena pengelolaan kearsipan itu penting,” tuturnya.

Sedangkan, Sari Respatingtyas, Kepala Bidang Kearsipan Kabupaten Sleman menjelaskan kegiatan pengelolaan arsip teladan di Kabupaten Sleman terbagi menjadi dua tahap. “Tahap tes tertulis dan tes praktek pada tanggal 27 Mei 2019 dan tahap wawancara pada tanggal 29 Mei 2019,” terangnya.

“Ada kurang lebih 44 perangkat daerah yang berpartisipasi  mengirimkan pengelola arsipnya untuk mengikuti kegiatan ini,” imbuhnya.

Setelah ujian tertulis, Sari mengatakan akan ada 12 orang yang berhak mengikuti ujian praktek. “Dari 12 orang akan disaring lagi menjadi 6 orang sebagai kandidat calon pengelola arsip teladan. Lalu, nanti akan diwawancara oleh dinas arsip dan dinas inspektorat kabupaten Sleman,” ujarnya.

“Kita akan berikan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan. Lalu, akan kami ajak untuk menularkan kemampuan dan keahlian mereka di berbagai kegiatan,” imbuhnya.

Ia juga menyebut 6 calon pengelola arsip teladan ini wajib menulis artikel dengan tema “Peran pengelola arsip dalam mendukung pelaksanaan tugas fungsi perangkat daerah” atau “Arti pentingnya arsip guna mendukung kinerja perangkat daerah”. Pemilihan pengelola arsip teladan ini sudah dua kali dilakukan, pertama pada tahun 2018,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.