Berita Nasional Terpercaya

Taman Budaya Akan Dipakai Syawalan Gubernur DIY di Kulonprogo

0

KULONPROGO, BERNAS.ID – Sekertaris Daerah Kulonprogo Ir.RM. Astungkoro, M.Hum menggelar rapat kordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kulonprogo dan pihak terkait persiapan syawalan Gubernur DIY beserta Pemda DIY di Taman Budaya Kulonprogo, yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juni 2019 mendatang. 

Disebutkan Astungkoro seperti tahun sebelumnya Syawalan tersebut digelar di Pendopo Taman Budaya Kulonprogo (TBK) dengan dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, namun acara tersebut berbarengan dengan acara dari Dinas Kebudayaan.

?Syawalan tersebut digelar Rabu, 19 Juni 2019 pukul 10.00 WIB, kami berkordinasi dengan OPD, Polsek, Polres, Kodim Kulonprogo, untuk mensukseskan acara tersebut,? ungkapnya, Rabu (12/6/2019) saat menggelar rakoor diruang Bale Agung kompleks Pemkab Kulonprogo.

Astungkoro juga menjelaskan susunan acara, yang akan diawalai sambutan Bupati sekaligus pembacaan ikrar syawalan. Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur DIY dan diakhiri jabat tangan dengan Gubernur DIY. Sebelum acara di mulai penyambutan Gubernur DIY akan diiringi gending ? gending jawa dan penampilan tarian dari binaan Dinas Kebudayaan Kulonprogo.

?Untuk undangan berjumlah 1456 peserta terdiri dari OPD, Perumda, Kepala sekolah se-Kulonprogo, Muspida/ Forkopimda, DPRD dan lainnya. Teknis tempat duduk Gubernur dan tamu undagan sudah kami susun sesuai lay out,? jelasnya.

Menurut sekretaris Dinas Kebudayaan Joko Mursito S.sn, MA., mengatakan acara pentas asik 2019 dari Dinas Kebudayaan tetap dilaksanakan. “Nantinya akan ada penampilan tarian untuk penyambutan Gubernur DIY, seperti tarian Angguk atau yang lainnya,? kata Joko.

Joko mengusulkan, nantinya saat syawalan ada peresmian Taman Budaya Kulonprogo, oleh Gubernur DIY, karena pembangunan sudah selesai.

Guna menjaga keamanan pada saat syawalan Satpol PP, Polsek, Polres dan Kodim Kulonprogo mengerahkan puluhan pasukan untuk penjagaan dan berpatroli, menjaga keamanan serta ketertiban. Selain itu Dinas Perhubungan juga menyatakan siap untuk menyiapkam lahan parkir dan tanda untuk kelancaran acara syawalan. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.