Berita Nasional Terpercaya

Pancasila Harus Selalu Dikobarkan kepada Masyarakat

0

SLEMAN, BERNAS.ID- 50 orang yang berasal dari tiga desa, yakni Desa Madurejo Kecamatan Prambanan, Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping, dan Desa Sumberadi Kecamatan Mlati dikukuhkan sebagai Kader Pancasila oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun.

Kader-kader di bawah binaan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman tersebut terdiri dari berbagai unsur, diantaranya Perangkat Desa, BPD, LPMD, TP PKK, FKUB, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Sri Muslimatun menegaskan Pemerintah Sleman sangat mendukung kegiatan pengukuhan tersebut. Ia mengatakan semangat Pancasila harus selalu dikobarkan dalam kehidupan bermasyarakat. ?Pemkab Sleman senantiasa berupaya melakukan pendidikan karakter untuk membentuk karakter manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila, kepada anak-anak sejak SD bahkan sejak TK,” jelasnya di sebuah hotel di kawasan Jalan Magelang, Kamis 20 Juni 2019.

Menurut Sri Muslimatun, pembentukan Kader Pancasila merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap revitalisasi nilai-nilai Pancasila. Maka dengan begitu, lanjutnya, Pancasila akan tetap menjadi way of life bagi bangsa Indonesia, khususnya warga masyarakat Sleman.

Sedangkan, Hery Dwi Kuryanto selaku Kepala Badan Kesbangpol Sleman berharap para kader dapat menyampaikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila kepada masyarakat di sekitarnya. Ia menyebut ketiga desa tersebut, yakni Desa Madurejo, Desa Ambarketawang dan Desa Sumberadi telah ditetapkan menjadi rintisan Desa Berkarakter Pancasila.

?Sebelumnya kita telah membentuk percontohan desa berkarakter Pancasila pada tahun 2018 lalu, yakni Desa Margodadi Seyegan,” kata Hery.

Sebelumnya, para kader terlebih dahulu mengikuti workshop selama tiga hari, mulai tanggal 18 sampai 20 Juni 2019 di The Rich Hotel. Para kader tersebut mendapatkan berbagai materi terkait penghayatan dan implementasi nilai-nilai Pancasila. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.