Berita Nasional Terpercaya

6 Atraksi Menarik di FKY 2019

0

YOGYA, BERNAS.ID – FKY 2019 bakal segera digelar pada 4 Juli 2019 dan akan berlangsung selama 18 hari, hingga 21 Juli 2019. Apabila sebelumnya mengandung makna kesenian kini FKY 2019 bermakna Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Dari informasi yang dihimpun Bernas.id FKY 2019 akan dipusatkan di Desa Panggungharjo Sewon Bantul.

Sejumlah lokasi akan dipilih mulai dari Kampoeng Mataraman, titik-titik lokasi di tengah desa hingga beberapa lokasi seperti Gedung Sonobudoyo, Alun-alun kidul, Taman siswa dan lokasi lainnya.

Jika ingin kesana, berikut enam agenda  acara utamanya:

1. Pawai Pembukaan

Akan dilaksanakan pada 4 Juli 2019. Rencananya, 33 kontingen pawai akan mulai berjalan dari dua lokasi berbeda yakni Kepatihan dan Alun-alun Pakualaman.

Rombongan pawai akan bertemu di satu titik dikawasan titik nol kilometer, tepatnya di lokasi tamu undangan berada didepan gedung eks-Koni atau Sonobudoyo.

2. Program Wirama Wiraga Wirasa

Sesuai namanya program ini adalah rangkaian tiga jenis dan akan dimulai pada 8 hingga 16 Juli 2019.

Wirama, akan berlokasi di Gedung Sonobudoyo. Acaranya pameran seni yang menampilkan karya lama seniman-seniman kondang.

Dalam acara ini akan diungkapkan proses membuat sebuah karya.

Wiraga, merupakan agenda pameran instalasi publik yang berlokasi di alun-alun kidul.

Wujudnya berupa menghias odong-odong yang merupakan salah satu wujud budaya populer, dengan aksara Jawa sebagai wujud budaya tradisional.

Pada hari pertama pameran instalasi publik ini, akan digelar wayang kulit semalam suntuk.

Wirasa, akan berbentuk lokakarya yang dilakukan tiga seniman musik untuk membuat komposisi musik bersama siswa didik di Taman Siswa dengan dua materi utama: ?Menggubah Komposisi Kinanthi Sandung sesuai dengan latar belakang genre musisi masing-masing?, dan menggubah atau membuat komposisi lagu dolanan anak.

Acuan metode yang digunakan adalah Metode ?SARI SWARA? dengan Sistem ?AMONG?.

3. Teater

Akan digelar pada 17 Juli 2019 di Pendopo Art Space. Program ini akan menjadi wadah kolaborasi antara sutradara senior, sutradara muda, dan aktor-aktor muda dari Teater Gadjah Mada.

4. Panggung Kontemporer

Program yang akan digelar 19 Juli 2019 ni adalah berupa panggung kontemporer yang bertujuan merayakan praktik kesenian lintas disiplin yang kerap dilakukan para seniman Yogyakarta, dengan tema besar: Elektronika – Gamelan -Visual.

5. Pesta Rakyat Kampung Terban

Akan berlangsung hingga 13 Juli 2019.

Sesuai namanya, program ini bermaksud mempertemukan potensi seni budaya kampung Terban dengan pemikiran tokoh-tokoh budaya yang ada di Terban.

Kegiatan program ini berupa bazaar produk UMKM, pementasan ketoprak tuna netra, macapatan, dan musik.

6. ?Panggih?

Berlangsung pada 15 Juli 2019.

Program yang akan dilaksanakan di Museum Pangeran Diponegoro ini dirancang untuk membangun ruang dialog antara dua elemen budaya dalam tradisi masyarakat Jawa.

Elemen tersebut adalah sandang dan pangan.

 

Di samping keenam program tersebut, FKY 2019 masih menawarkan beragam kegiatan dan aktivitas lain untuk seluruh masyarakat.

Misalnya Pasar Seni, terdiri dari 50 stan, yang digelar tiap hari selama pelaksanaan festival di Kampoeng Mataraman.

Itu masih ditambah lagi adanya Pasar Tiban, terdiri dari 20 stan produk kreatif dan 10 stan produk kuliner, yang dibuka setiap akhir pekan, mulai Jumat hingga Minggu, di sekitar Telaga Julantoro.

Ada pula workshop-workshop, lokakarya, diskusi, dan tidak ketinggalan panggung seni dan hiburan yang tidak hanya berlokasi di Kampoeng Mataraman saja, namun tersebar di beberapa titik di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.