Berita Nasional Terpercaya

Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan via Marketplace

0

BERNAS.ID- Masyarakat Jawa Tengah kini semakin mudah membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia E-Samsat. Layanan pembayaran pajak online ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Tokopedia.

Jawa Tengah menjadi provinsi kedua yang bekerja sama dengan Tokopedia setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada awal tahun ini.

Menurut Co-Founder sekaligus Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, layanan Tokopedia E-Samsat mendapat respon tinggi masyarakat. ?Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia sejak awal berdiri memiliki misi untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital. Kami sangat mendukung penerimaan pajak negara, salah satunya dengan menyediakan Tokopedia E-Samsat. Sejak diluncurkan, kami mencatat terdapat kenaikan jumlah pengguna Tokopedia E-Samsat secara signifikan. Tokopedia ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bisa merasakan kemudahan membayar pajak kendaraan bermotor secara online, maka kali ini Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk merealisasikannya,? jelasnya.

Dengan kehadiran pilihan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia, masyarakat bisa menikmati layanan publik dengan lebih cepat dan nyaman. Menurut Leontinus, ke depannya, Tokopedia juga ingin bekerja sama dengan lebih banyak pemerintah daerah untuk menghadirkan layanan e-samsat bagi seluruh masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan prinsip dalam melayani masyarakat ada tiga, yakni mudah, murah, dan cepat. Tiga hal itu terdapat dalam layanan Tokopedia E-Samsat. ?Kami berharap kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak semakin baik karena saat ini sudah bisa bayar pajak dengan lebih mudah, di mana saja dan kapan saja.?

Melalui Tokopedia E-Samsat, pengguna dapat memotong dua jalur antrean yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen dan pembayaran. Proses layanan pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih cepat dan nyaman karena kedua proses tersebut bisa dilakukan dalam hitungan menit dari lokasi manapun melalui ponsel mereka. Pengguna tidak perlu lagi pergi meninggalkan tempat hanya untuk mengantre pendaftaran dan repot-repot membawa dokumen seperti KTP, STNK, dan BPKB, serta uang tunai sebagai satu-satunya pilihan opsi pembayaran.

Proses pembayaran pajak kendaraan melalui Tokopedia E-Samsat pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mendapatkan kode bayar melalui aplikasi SAKPOLE dan melanjutkan pembayaran melalui website atau aplikasi Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia menawarkan lebih dari 50 pilihan opsi pembayaran dan 100.000 titik pembayaran di seluruh Indonesia yang memudahkan pengguna untuk memilih jenis pembayaran yang diinginkan, termasuk pembayaran menggunakan kartu kredit yang juga memberikan pilihan cicilan 0%. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.