Berita Nasional Terpercaya

354 Jemaah Calon Haji Asal Kota Yogyakarta Diberangkatkan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 354 calon jemaah haji Kota Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 21 SOC diberangkatkan dari Balaikota Yogyakarta menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jum?at (13/7/2019).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat, berharap jemaah mampu mengikuti rangkaian ibadah haji dengan tenang dan khusyuk, serta meminta agar jemaah tidak merisaukan segala yang ditinggalkan di tanah air.

Meskipun calon jemaah haji tahun ini mayoritas lansia, namun Octo mengaku optimis mereka bisa menjalani proses beribadah dengan lancar. ?Meski lansia, tapi saya yakin mereka adalah lansia yang sehat,? ujarnya.

Ia pun mendoakan jemaah haji agar diberikan kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah haji secara sempurna dan mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya. ?Semoga kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur,? katanya.

Octo juga berpesan agar para jemaah selalu menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah. Karena pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji memang banyak menguras tenaga, sehingga harus menjaga fisik dan psikis agar kelak pulang ke kembali mendapat predikat haji mabrur.

?Karena antrian berangkat haji itu puluhan tahun, kalau sudah sampai di sana harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,? katanya.

Octo menegaskan akan terus memantau kondisi calon jamaah Haji asal Kota Yogyakarta yang melaksanakan ibadah haji melalui Kementerian Agama Kota Yogyakarta, dan akan meminta update secara berkala untuk mengetahui perkembangan jemaah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi mengatakan jemaah akan bertolak ke Madinah, Arab Saudi dari Asrama Haji Donohudan pada Sabtu (13/7/2019) mendatang.

Dari Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Solo menuju Bandara Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi.

Jemaah calon haji asal Kota Yogyakarta yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini tercatat sebanyak 499 orang ditambah tiga petugas daerah. Jemaah akan terbagi dalam empat kelompok terbang yaitu 21 SOC dengan 354 calon haji yang seluruhnya berasal dari Kota Yogyakarta.

Kloter kedua dari Kota Yogyakarta adalah Kloter 22 SOC dengan 92 calon haji yang akan bergabung dengan jemaah dari kabupaten lain, dan kloter berikutnya adalah Kloter 96 SOC terdiri dari 6 calon haji yaitu empat calon haji reguler ditambah dua calon haji cadangan dan Kloter 97 SOC dengan 49 calon haji.

?Kloter pertama dari Kota Yogyakarta sudah kami menuju Asrama Donohudan pukul 03.30 tadi dan kloter kedua akan menyusul pada pukul 14.00 hari ini menuju Asrama Haji Donohudan di Boyolali Jawa Tengah baru kemudian diterbangkan ke Madinah pada keesokan harinya,? jelasnya.

Sedangkan untuk Kloter 96 SOC dan 97 SOC, sambungnya, akan diberangkatkan dari Yogyakarta pada 4 Agustus dan terbang ke Jedah pada keesokan harinya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.