Berita Nasional Terpercaya

Inilah Para Penerima Penghargaan Dekranasda ?Dekoya Awards? Kota Jogja 2019

0

YOGYA, BERNAS.ID – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta menyelenggarakan lomba Dekoya Award 2019 yang diselenggarakan di Plaza 1 Maret, Jumat (12/7/2019). Dekoya Awards adalah ajang penganugrahan penghargaan kepada pelaku industri kerajinan di Kota Yogyakarta, khususnya member Dekranasda Kota Yogyakarta.

?Penghargaan Dekoya Award diberikan kepada member Dekranasda Kota Yogyakarta setelah melalui beberapa tahap penilaian, survey kepastian usaha dan penjurian oleh juri yang kompeten sesuai kriteria penilaian,? kata Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Tri Kirana.

Menurutnya dalam berbagai program dan kegiatan Dekranasda Kota Yogya dengan mewadahi dan mengembangkan pelaku kerajinan ini diharapkan selalu berkembang dan berdaya saing, sehingga mampu menopang Ekonomi Nasional.

?Dengan potensi sumber daya manusia dan berbagai sumber kreatif lokal, mampu mewujudkan kreatifitas kota Yogyakarta untuk meningkatkan daya saing produk Nasional. Kreatifitas para pelaku usaha kerajinan di Kota Yogya mampu mewarnai dan mendukung posisi Kota Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota kreatif yang berdampak positif terhadap lingkungn social, serta mampu meningkatkan lapangan pekerjaan sehingga patut di apresiasi,? urainya.

Dekoya Award ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, untuk tahun ini terdiri dari lima kategori awards yakni Kategori Originalitas Produk, Inovasi dan Kreativitas Produk, Manajemen dan Pembukuan, Strategi Pemasaran / Marketing, Dampak Sosial dan Dampak Lingkungan.

Ia mengatakan lima kategori tersebut diikuti total lebih dari 50 member Dekranas dan terdapat dua kategori Bhagaskara sebagai pendatang baru yang memiliki potensi dan Life Achiefment yaitu kategori yang diberikan kepada member yang berdedikasi dalam pelestarian budaya dan menjaga keselamatan lingkungan serta selalu berupaya mengembangkan ilmunya kepada masyarakat.

?Selamat dan kedepannya harus bisa menjadi contoh, tauladan bagi para member Dekranas yang lain dan juga bagi masyarakat pada umumnya, penghargaan ini bukan sebagai puncak prestasi tapi sebagai langkah awal untuk menjadi naik kelas lagi dan mendapatkan prestasi-prestasi yang lainnya,? ungkapnya.

Selain itu, adapun yang menjadi pemenang dalam kegiatan tersebut yakni di Kategori Originalitas Produk juara pertama diraih oleh Rahmadhani dengan nama usaha Njawani, juara kedua Sunardi nama usaha Sambeliler, Juara ketiga Siti Mucholifah dengan nama usaha Huwakaka.

Untuk peraih penghargaan Inovasi dan Kreatifitas juara pertama diraih oleh Herlina Kristanti dengan nama usaha Lemospires, juara kedua oleh Sukarni nama usaha Lien Collection, juara ketiga diraih Yustina Sri Mulyani nama usaha Bleemo.

Kategori Manajemen dan Pembukuan juara satu Evi Rosalina Widyawati nama usaha Batik Namburan, juara kedua Rasky Noviana nama usaha Yasmin Butik dan Batik, juara ketiga diraih oleh Nur Diana Hidayati nama usaha Decodian.

Kategori Marketing atau Pemasaran juara satu diraih oleh Angga Wijayanto nama usaha Kalu, juara dua diraih oleh Theresa Naumi Supri Handayani nama usaha Malam Batik, dan tiga diraih oleh Tri Wahyuni nama usaha Yuni Handmade.

Sedangkan di kategori Dampak Sosial dan Dampak Lingkungan juara satu diraih oleh Indra Suryanto nama usaha Eko J, juara dua oleh Fitri Agustina nama usaha Moleklek, juara tiga oleh Meta Nuci Ferawati nama usaha Uporenggo.

Sedangkan untuk penghargaan Life Achievement diberikan kepada Almarhum Hendri Suprapto Pakar dan Pemerhati Batik Warna Alam serta penghargaan Dekoya Bagaskara diraih oleh Eny Anjayani dengan nama usaha Wastraloka.

Pemilihan penghargaan ini berdasarkan hasil seleksi juri yang berkompeten di setiap bidangnya. Tri Kirana berharap output yang dihasilkan dari penghargaan ini dapat memunculkan ide-ide kreatif yang di hasilakan oleh UMKM yang ada di Kota Yogya agar semakin banyaknya industry kreatif, inovatif yang memiliki ciri khas tersendiri. Diharapkan para member dan non member Dekranas terus berkembang menyebarkan inspirasi untuk tetap eksis dan lebih mengembangkan usahanya kedepan.

?Besar harapan semoga ajang apresiasi dan kompetisi bergengsi ini tidak sekedar mencari juri juara, akan tetapi member peluang yang makin melebar dikancah perdagangan global. Dan bagi seluruh UMKM terkhususnya member Dekranasda Kota Yogya, event ini merupakan upaya membangun motivasi dan inspirasi untuk tetap eksis dan lebih semangat untuk mengembangkan usahanya kedepan,? sambungnya. 

Selain itu salah satu dari peserta yang menjadi juara di kategori Originalitas Siti Mucholifah dengan nama usaha Huwakaka mengatakan, sangat senang dengan adanya Dekoya Award kedepannya semakin berinovasi dan berkembang.

?Senang yang tidak bisa diucapkan kata-kata dengan adanya Dekoya Award membuat HUWAKAKA semakin semangat untuk berkarya dan berinovasi, Semoga kedepannya HUWAKAKA semakin berkembang dan sukses. HUWAKAKA berharap dekoya award selalu diadakan untuk memotivasi umkm,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.