Berita Nasional Terpercaya

Ujian Tulis UGM 2019 Diselenggarakan Serentak di 5 Kota

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Ujian Tulis (UTUL) UGM 2019 diselenggarakan secara serentak Minggu (14/7) di 5 kota besar di Indonesia. Sebanyak 45.356 peserta mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma IV/Sarjana Terapan ini di berbagai lokasi yang tersebar di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, dan Medan.

UTUL merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Seleksi ini merupakan bagian dari seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh UGM di samping jalur Penelusuran Bibit Unggul. Sebelumnya, UGM juga telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono, MEng, DEng, menyatakan bahwa melalui jalur ini UGM akan menerima 30% dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana, atau sekitar 2.060 melalui seleksi mandiri. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa UGM juga akan menerima 250 mahasiswa baru pada 13 program studi Diploma IV, atau sebanyak 30% dari total kuota mahasiswa baru Sekolah Vokasi.

?Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan UTUL, UGM menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai tempat lokasi pelaksanaan ujian, seperti SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta,? terangnya.

Materi tes tertulis pada tahun ini meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta Tes Kemampuan Soshum dan/atau Saintek, sesuai kelompok ujian yang dipilih. Untuk Soshum, materi yang diujikan terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara untuk Saintek terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia.

?Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang,? imbuh Panut.

Seandainya peserta yang mengikuti UTUL tadi belum dapat diterima, jika berminat mereka dapat mendaftarkan diri kembali untuk mengikuti seleksi Sekolah Vokasi UGM melalui Jalur Nilai UTUL. Jalur ini merupakan seleksi masuk Program Diploma IV/Sarjana Terapan UGM dengan menggunakan pola pengolahan hasil Ujian Tulis (UTUL) UGM.

Tanpa harus mengikuti tes tambahan, para peserta UTUL hanya perlu melakukan login ke laman um.ugm.ac.id/admisi dengan menggunakan akun pendaftaran yang sama yang dipergunakan pada saat mendaftar UTUL. Kemudian, mereka dapat memilih jalur SV gelombang 2 untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring. Pendaftar jalur ini dapat memilih  2 program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan sesuai dengan kelompok seleksi yang dipilih saat mengikuti UTUL.

Pendaftar yang mengikuti UTUL kelompok ujian Saintek hanya dapat memilih program studi Saintek dan pendaftar UTUL kelompok ujian Soshum hanya dapat memilih program studi Soshum. Sementara pendaftar UTUL kelompok ujian Campuran dapat memilih program studi Saintek dan/atau Soshum. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.