Berita Nasional Terpercaya

Perpusnas RI Visitasi Perpustakaan Sumber Ilmu, Balecatur Gamping

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tim Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan visitasi terhadap Perpustakaan Sumber Ilmu, Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman yang telah masuk dalam kategori klaster A tingkat nasional dalam rangka Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan tingkat Nasional tahun 2019.

Dewan Juri Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan tingkat Nasional, Supriyanto mengapresiasi Perpustakaan Sumber Ilmu sudah masuk 6 besar dari sekian banyak perpustakaan desa di seluruh Indonesia. ?Saya sampaikan apresiasi kepada Perpustakaan Desa Balecatur Sumber Ilmu sudah masuk klaster A. Dari 6 perpustakaan terpilih inilah yang hanya dikunjungi oleh Dewan Juri untuk dilakukan review dan penilaian,? jelasnya di Balai Desa Balecatur, Senin 15 Juli 2019.

Staf khusus pimpinan Perpusnas RI ini menyebut ada dua komponen yang menjadi perhatian dalam penilaian,  yaitu pertama komponen kelompok dasar pengembangan seperti memiliki gedung, memiliki koleksi buku, memiliki tenaga dalam hal ini sumber daya manusia (SDM), terdapat pelayanan, terdapat pengunjung, dan memiliki anggaran. ?Tak kalah penting, komponen kedua, yaitu mempunyai kelompok Inovasi dan Penguatan. Nah di dalam kelompok inovasi penguatan ini antara lain yang pertama inovasi tetapi berdampak,? imbuhnya.

Supriyanto menjelaskan inovasi penguatan diartikan sebagai inovasi terkait literasi yang dapat berdampak seperti membaca yang memiliki dampak bagi pembaca sehingga tidak hanya menjadi tahu saja, tetapi memiiki banyak wawasan dan dapat berdampak langsung saat diimplementasikan.

Sedangkan, Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan bahwa keberadan perpustakaan di Kabupaten Sleman ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada para pelajar dan mahasiswa, serta memberikan pelayanan bagi masyarakat umum dan anak-anak.

?Pelayanan bagi anak-anak tersebut sangat penting dalam membangkitkan minat baca untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat,” ujarnya.

Sri Purnomo menyebut jumlah pengunjung perpustakaan dan peminjaman koleksi perpustakaan di Kabupaten Sleman dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. “Perkembangan positif tersebut tampak dalam jumlah pengunjung perpustakaan pada tahun 2018 meningkat sebesar 0,37% yaitu dari 626.674 orang pada tahun 2017, menjadi 628.964 pada tahun 2018,” bebernya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo pun mempersilahkan secara langsung kepada Dewan Juri untuk berdialog dan melihat secara langsung perpustakaan Desa guna memberikan gambaran yang obyektif dalam penilaian Dewan Juri.

Sementara itu, Hj Sebrat Haryanti selaku Kepala Desa Balecatur mengatakan Perpustakaan Desa Balecatur “Sumber Ilmu” memang menjadi ruang aktivitas kreatif warganya seperti pemberdayaan perempuan, kaum difabilitas, dan terakses untuk segala usia. “Benar itu sudah terwujud seperti itu, misal Sekolah Kamis mempraktekkan hasil membaca,” jelasnya.

“Untuk pemberdayaan perempuan dari membaca, ada pemberdayaan perempuan, contohnya diadakan sekolah Kamis yang diikuti ibu-ibu dari 18 wilayah pedukuhan,” imbuhnya.

Ia mengatakan dari hasil Sekolah Kamis, ibu-ibu mempraktekkan ilmu yang didapatkan dari membaca buku di Perpustakaan Desa Sumber Ilmu. “Kelompok perpusdes kita menyediakan buku banyak macam seperti keterampilan dan pertanian. Lalu, dikreasikan dengan segala kemampuan untuk membuat usaha kecil dari beberapa kelompok ibu-ibu,” katanya.

“Ada yang membuat keripik jamur, membuat susu kedelai, dan menanam sayuran. Ada juga membuat kerajinan dari limbah plastik dan koran sehingga berwujud tas, boneka, atau bunga,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.