Berita Nasional Terpercaya

TTX untuk Siaga Hadapi Tsunami

0

YOGYA, BERNAS.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyelenggarakan geladi ruang atau Table Top Exercise (TTX) Menghadapi Ancaman Tsunami difokuskan pada penanganan darurat bencana tsunami. Acara dilaksanakan pada 17-18 Juli 2019 di kantor BPBD DIY. 

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan, dalam 29 tahun terakhir, telah terjadi sedikitnya 18 kali tsunami di Indonesia. Menyadari adanya potensi dan risiko bencana tersebut, BPBD DIY menyelenggarkan latihan penanganan tsunami. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat menyusun gambaran rencana kontinjensi tingkat provinsi terkait penanganan Tsunami di DIY. Siapa melakukan apa, akan terlihat pada kegiatan tersebut, sehingga jika ada missing atau ketugasan ganda dapat menjadi bahan masukan serta koreksi dalam penanggulangan bencana, khususnya tsunami,” ujar Biwara.

Ia meneruskan, selain itu diharapkan kegiatan ini meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman nyata melalui berbagai cara. Antara lain dengan melakukan rangkaian siklus kesiapsiagaan, yaitu perencanaan, pengorganisasian dan penyiapan sumberdaya, pelatihan dan latihan, dan evaluasi.

“Hasilnya ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan perbaikan yang nyata,” sambungnya.

TTX mensimulasikan suatu keadaan darurat dalam kondisi informal dan lingkungan yang tanpa tekanan. Para manajer dan pemangku kebijakan terkait duduk bersama-sama dalam suatu meja mendiskusikan suatu permasalahan dan prosedur dalam konteks suatu skenario darurat yang telah disusun sebelumnya. Fokusnya adalah berlatih dan membiasakan diri dengan peraturan, prosedur, dan tanggung jawab dalam konteks skenario tersebut, dimana utamanya adalah pemerintah kabupaten/kota sebagai lini depan dan pemerintah DIY mendukung dan membantu pada tingkat di atasnya.

“Terselenggaranya latihan dan gladi berupa TTX untuk meningkatkan sinergitas sumber daya dan SKPDB pemangku kebijakan terkait, meningkatkan kapasitas pelaku dalam mekanisme komando, kendali, komunikasi, dan koordinasi dalam tanggap darurat bencana,” sambungnya.

Ia meneruskan, pada tahun 2020 direncanakan akan dilanjutkan dengan Latihan Keterampilan atau Drill Skill, Geladi Posko atau Command Post Exercise (CPX), Full Scale Exercise (FSE), termasuk Evaluasi Pasca Aksi atau After Action Review (AAR). (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.