Berita Nasional Terpercaya

Followers Turun Pasca Bertemu Jokowi

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM menemukan fenomena unik terkait respon warganet Twitter terhadap pertemuan Jokowi-Prabowo pada hari Sabtu (13/7/2019) lalu di Stasiun MRT Senayan Jakarta pasca dikeluarkannya putusan sidang oleh MK terkait sengketa Pilpres 2019.

Kemunculan tagar menjadi salah satu indikator dalam menilai reaksi warganet, misal #RekonsiliasiMbahmu. Riset ini merujuk pada data Twitter selama periode 13-16 Juli 2019.

Fakta menarik dari riset CfDS Fisipol UGM tersebut, yaitu penurunan pengikut (followers) dari akun Twitter  Prabowo dan Partai Gerindra.

Manager Digital Intelligence Lab CfDS, Treviliana Eka Putri menyebut pengikut akun Twitter Prabowo berkurang hingga kisaran 5112 orang. Sejumlah 2750 pengguna Twitter juga tidak lagi mengikuti partai Gerindra. Hal tersebut terjadi pada hari Sabtu (13/7) sampai Minggu (14/7). 

“Terdapat trend follower berkurang secara signifikan dari partai Gerindra dan akun Pak Prabowo sendiri,” ujar Treviliana di ruang BC 201, Fisipol UGM Jumat 19 Juli 2019.

Treviliana mengatakan meski terjadi penurunan jumlah pengikut akun Twitter Prabowo, tapi tidak berpengaruh pada pengikut akun Twitter Jokowi. “Ternyata yang mengalami penurunan, hanya terjadi secara signifikan pada akun partai Gerindra dan Prabowo. Untuk Pak Jokowi tidak ada penurunan maupun kenaikan yang signifikan,” tuturnya.

Dari 169.238 cuitan, terdapat 13 tagar yang diteliti CfDS UGM, yaitu tagar '#03persatuanIndonesia yang berada diurutan pertama, kemudian disusul #0p0sisiTanpaRek0nsiliasi, #AnisBaswedanforPresident, #Kampretakantetapberjuang, serta #RekonsiliasiRasaTerasi.

“Dari hasil temuan kami, hastag paling populer adalah #03persatuanIndonesia. Tagar ini mempunyai original post yang paling tinggi dibandingkan hastag-hastag lainnya,”tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.