Berita Nasional Terpercaya

Pekan Menyusui Sedunia 2019, AIMI Gelar Menyusui Serentak

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Selama dua belas tahun mendukung, mempromosikan dan melindungi kegiatan menyusui, AIMI ( Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) kembali menyusui serentak. 

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) tiap tahunnya ikut merayakan Pekan Menyusui Sedunia yang berlangsung 1-7 Agustus. Tahun ini Pekan Menyusui Sedunia, yang lebih dikenal dengan World Breastfeeding Week (WBW) mengusung tema Empower Parents Enable Breastfeeding yang menekankan pada, memberdayakan orangtua untuk mampu menyusui.

Menurut Ketua Umum AIMI Nia Umar, kegiatan menyusui serentak ini merupakan bentuk menciptakan dukungan menyusui, karena diharapkan keluarga ikut serta memberikan semangat ketika menyusui serentak.

Selanjutnya kata Nia, dukungan yang diberikan kepada orangtua merupakan kunci dari kesuksesan menyusui. Mengapa dukungan begitu penting? Elemen dukungan merupakan salah satu dari 3 kekuatan yaitu: protect, promote and support breastfeeding (mendukung, mempromosikan dan melindungi kegiatan menyusui).

Harapannya ketika orangtua diberikan dukungan yang tepat, maka orangtua menjadi berdaya. Pemberdayaan adalah sebuah proses yang membutuhkan informasi berdasar dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan ibu menyusui secara optimal. Lingkungan menyusui yang tepat adalah ketika ayah, keluarga, pemerintah, tenaga kesehatan, tempat kerja, dan seluruh elemen masyarakat memberikan dukungannya, membuat proses menyusui menjadi meningkat dan berhasil.

?Kita semua diharapkan memberikan dukungan karena menyusui merupakan team effort,? tambah Nia.

Sementara Farahdibha Tenrilemba, Wakil Ketua Umum AIMI menjelaskan, selain menjadi anggota GKIA, AIMI juga aktif mengambil bagian dalam gerakan internasional bersama International Baby Food Action Network (IBFAN) dan World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), serta rutin bermitra dengan IKMI dan Selasi.

Dalam kegiatan-kegiatan rutin seperti Breastfeeding Fair, Workshop Menyusui untuk Ustadz dan Ustadzah, SosialisASI, AIMI Goes to Office, AIMI melibatkan berbagai komunitas media, keagamaan seni, bermain, makanan, kesehatan, keuangan, sosial kemanusiaan, parenting, dan masih banyak lagi.

Sebagai komunitas ibu menyusui yang mandiri, AIMI telah hadir di 16 provinsi yakni Sumatra Utara, Bangka Belitung, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Serta cabang di 9 kotamadya/kabupaten di luar ibu kota provinsi yakni Depok, Cirebon, Bekasi, Bogor, Solo, Purwokerto, Bantul, Malang, dan Sorowako.(ren)

Leave A Reply

Your email address will not be published.