Berita Nasional Terpercaya

Program PKM DIKTI Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Sewon

0

BANTUL, BERNAS.ID – Pengembangan suatu daerah memerlukan daya dukung yang tidak sedikit dari segi sarana prasarana maupun sumberdaya manusianya. Untuk peningkatan pendapatan masyarakat, perlu adanya pemberdayaan kelompok-kelompok masyarakat khususnya kelompok Dasa Wisma agar tidak hanya tergantung dari sektor jasa maupun pertanian. 

Salah satunya melalui kegiatan PKM yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat dalam Memanfaatkan Bahan Alami melalui Pengembangan Ecoprint untuk Mendukung Ekonomi Kreatif di Sorowajan, Dukuh Glugo, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul? dengan Tim Pengabdi yang terdiri dari Dr. Endah Saptutyningsih, MSi. dan Berli Paripurna Kamiel, PhD. 

Dengan didanai DIKTI, kegiatan ini menurut Dr Endah Saptutyningsih, MSi bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan kelompok dasawisma Lili dan Kenanga di Dukuh Glugo yang memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat dengan memanfaatkan potensi alami desanya melalui ekonomi kreatif. 

“Dengan meningkatnya ketrampilan ibu-ibu kelompok dasawisma dapat meningkatkan kegiatan ekonomi lokal yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dukuh Glugo Desa Panggungharjo,” katanya, Minggu (4/8/2019).

Identifikasi potensi sumberdaya alam dan lingkungan yang ada di sekitar masyarakat perlu dilakukan dengan berbasis kearifan lokal dalam rangka menunjang program pemerintah  dalam penelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara baik dan berkelanjutan (Fadhil, n.d.). Salah satu pemanfaatan potensi alam diupayakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. 

“Oleh karena itu, perlu adanya pemberdayaan kelompok-kelompok masyarakat,” tambahnya.

International Labour Organization (2017) menyatakan bahwa perlu untuk mengidentifikasi peluang pekerjaan bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan masyarakat, serta dapat memberikan ide-ide inovatif untuk usaha baru dan peluang kerja. “Permasalahan yang ditemukan di Dusun Sorowajan, Pedukuhan Glugo, Desa Pangungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul adalah adanya potensi alami desa yang belum dimanfaatkan dengan baik, kurangnya ketrampilan dalam mengelola potensi desa dengan mayoritas penduduk adalah Ibu Rumah Tangga yang minim penghasilan,” katanya.

Program Kemitraan Masyarakat yang didanai DIKTI ini lanjut Endah Saptutyningsih, dilakukan untuk memberikan solusi dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa dan meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi alam di desanya. 

“Kontribusi Program Kemitraan Masyarakat ini adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan ecoprint dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di lingkungan Dusun Sorowajan, Pedukuhan Glugo sehingga memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi melalui ekonomi kreatif serta meningkatkan kualitas sumberdaya melalui pemberdayaan kalangan ibu-ibu Kelompok Dasa Wisma Lili dan Dasa Wisma Kenanga di Dukuh Glugo, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul,” paparnya.

Rangkaian Kegiatan PKM yang didanai DIKTI ini meliputi, Pelatihan ecoprint bagi dua kelompok masyarakat, Kelompok Dasa Wisma Lili dan Dasa Wisma Kenanga, Dukuh Glugo, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Bantul. Pembuatan video tutorial pembuatan ecoprint yang diupload di media sosial, pelatihan pemasaran online produk ecoprint bagi kelompok-kelompok dasawisma yang sama.

“Luaran yang ditargetkan adalah peningkatan kapasitas Kelompok Dasa Wisma Lili dan Dasa Wisma Kenanga di Dukuh Glugo dalam membuat ecoprint kelompok video teknik pembuatan ecoprint yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum, dan meningkatnya kemampuan kelompok dasawisma tersebut dalam memasarkan produk ecoprint secara online,” katanya.

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi kelompok masyarakat lain untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.