Berita Nasional Terpercaya

Kelurahan Purwokinanti Ikuti Lomba IVA Tingkat Provinsi DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta menjadi salah satu kelurahan dengan kesadaran masyarakat tertinggi terkait pemeriksaan dini Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), atas dasar itu Kelurahan Purwokinanti mengikuti lomba IVA tingkat Provinsi DIY mewakili Kota Yogyakarta, Senin (5/8/2019) di Pendopo Pujowinatan, Pakualaman, Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun saat memberikan sambutan dalam penilaian lomba IVA tersebut. “Jumlah masyarakat dan pasangan usia subur yang sadar akan pentingnya pemeriksaan IVA di sini (Purwokinanti) sangat tinggi, khususnya untuk wilayah kota Yogyakarta,” katanya.

Pemeriksaan IVA ini lanjut Ana dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat sel kanker leher rahim ataupun kanker serviks pada perempuan usia subur khususnya bagi perempuan yang sudah menikah.

Hal senada juga disampaikan Lurah Purwokinanti, Ertiana Erna Hendrayani, bahwa kesadaran masyarakat di Purwokinanti memang tinggi dalam bidang kesehatan. “Kita bersama gerakan PKK selalu mendorong dan mensosialisasikan warga untuk sadar akan bahaya kanker serviks atau kanker leher rahim dan kanker payudara yang berpotensi menyerang kaum hawa,” katanya.

Selain itu lanjut Erna pihaknya juga membangun kerjasama dengan beberapa pihak swasta dalam pemeriksaan, khususnya IVA, seperi yang dilakukan hari ini ada pemeriksaan IVA gratis di Rumah Sakit Khodijah Pakualaman Yogyakarta.

Pada waktu yang bersamaan juga diumumkan pemenang lomba Gentongisasi, yang merupakan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun.

Disebutkan Erna, pihaknya memasang Gentong di 10 RW yang ada di Kelurahan Purwokinanti. “Tiap-tiap RW memasang dua gentong, dan gentong-gentong itulah yang kami nilai sejak tanggal 1 hingga 4 Agustus 2019 lalu,” katanya.

Erna juga menambahkan untuk kriteria penilaian gentong sendiri berdasarkan dari tata letak dan efektivitas penggunaan gentong serta keindahan. “Gerakan gentongisasi ini diinisiasi oleh oleh GKBRAyA Paku Alam X. Dan Gusti Putri juga menyediakan piala bergilir bagi pemenang lomba gentongisasi ini,” tambahnya.

Untuk juara pertama gentongisasi direbut oleh RW 10, untuk juara dua ditempati oleh RW 07, sedangkan untuk juara tiga diraih oleh RW 09. Untuk juara harapan satu diberikan kepada RW 04, dan juara harapan dua RW 06. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.