Berita Nasional Terpercaya

Ridwan Kamil ‘Nyambi’Jadi Host Talkshow, Bahas Soal Hoax

0

BANDUNG, BERNAS.ID – Ada peristiwa menarik dalam rangkaian Piala Humas Jawa Barat 2019. Sang Gubernur, Ridwan Kamil,   berperan sebagai pembawa acara talkshow yang membahas soal hoax dan peran media sosial.

Tak kalah menarik, bintang tamu dalam talkshow tersebut yaitu Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dan Lurah Babakan Siliwangi Nur Somadin.

Talkshow yang dipandu Ridwan Kamil ini membahas seputar peran media sosial (medsos) dalam kehumasan, terutama bagi kepala daerah dalam berinteraksi dengan warganya secara daring. 

“Kita ingin tahu bagaimana kepala daerah dan aparat kewilayahan di samping saya ini memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakat,” kata pria yang akrab disapa dengaj sebutan Kang Emil ini.

Dia menanyakan kepada ketiga bintang tamu mengenai suka dukanya berinteraksi di media sosial. Beragam tanggapan diberikan ketiga pemimpin muda tersebut.

Bima Arya mengaku gembira ketika berbagai postingannya, baik soal pembangunan dan kebijakan di medsos direspon positif oleh publik. Namun, ia tak menampik banyak duka yang diterimanya di medsos.

“Dukanya kalau komentarnya ajaib. Apapun isunya, komennya cebong kampret itu menyebalkan,” kata Bima Arya.

Sementara itu, Hengky Kurniawan mendapat banyak masukan dari masyarakat lewat medsos. Namun, terkadang juga ia menjadi sasaran publik.

“Yang saya sukai itu ide-ide kreatif kaum milenial. Dukanya suka dikomplain. Tapi dengan adanya medsos, mudah mendistribusikan program,” ucap mantan aktor ini.

Sementara, Lurah Babakan Siliwangi Nur Somadin mengatakan keberadaan medsos membuat program wilayahnya tersosialisasi dengan baik ke warga. Apalagi jika program tersebut juga berjalan dengan baik.

“Sukanya kalau dibaca masyarakat dan pelaksanaan program itu bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Dalam bincang-bincang singkat itu, Ridwan Kamil juga sempat menanyakan apakah mereka bertiga pernah menjadi korban hoaks atau berita bohong. Ketiganya mengaku pernah mengalaminya.

Di tengah-tengah perbincangan, Hengky tiba-tiba mengajukan pertanyaan kepada Kang Emil. Ia meminta tips meningkatkan jumlah pengikut di akun Instagram. Mengingat, atasannya ini memiliki 10 juta follower di Instagram.

“Mayoritas pengikut saya 70 persen anak muda, jadi nggak boleh serius. Tips saya, tampilan kerja serius, tapi kalimatnya santai saja. Ada kata jomlo, mantan, ditikung, pasti interaksinya tinggi,” ungkap Ridwan Kamil.

Dalam kegiatan ini, puluhan penghargaan diberikan instansi, pemerintah daerah, ke wilayah dengan beragam kategori. Mulai dari keterbukaan informasi, pengelolaan medsos dan lainnya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.