Berita Nasional Terpercaya

Tidak Mau Orangutan Punah, MOFOMOFA Ajak Semua Masyarakat Sayang Orangutan Asli Indonesia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – MOFOMOFA komunitas yang terdiri dari volunteer pecinta Orangutan menggelar kegiatan Sayang Orangutan Festival 2019 berlangsung di Veneu Sarinah Thamrin, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Dalam acara Sayang Orangutan Festival 2019 ini juga digelar kegiatan Fun Run & Walk 3K, Music, Education, Bazaar dan Charity yang tentunya semakin meriah.

Spanduk acara yang bertemakan ?Berlari & Berjalan untuk Orangutan? ini dibawa berkeliling dan menarik perhatian para warga yang sedang beraktifitas olahraga di area Car Free Day (CFD).

Founder & CEO MOFOMOFA, Seruni Petersen mengatakan kegiatan Sayang Orangutan Festival 2019 baru pertama kali digelar di Indonesia dalam rangka memperingati HUT Ke 74 RI dan memperingati Hari Orangutan International yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019. 

“Acara ini merupakan kerjasama MOFOMOFA dengan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation). Acara ini menggabungkan antara edukasi, festival musik, funrun/funwalk, bazaar, zumba dan kegiatan charity,” kata Seruni disela-sela kegiatan Sayang Orangutan Festival 2019.

Lebih lanjut Seruni berharap kegiatan acara Sayang Orangutan 2019 yang pertama kali di Indonesia ini dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya upaya pelestarian orangutan dan habitatnya dalam benak masyarakat yang tinggal di ibukota.

“Sayang orangutan, berarti mendukung mereka tetap berada di hutan. Orangutan dan habitatnya, hutan, memang jauh dari kehidupan kita sehari-hari, namun mereka memberi dampak bagi kita dalam bentuk udara segar, air bersih, iklim yang bersahabat, dan berbagai hasil hutan, tetaplah penting bagi kehidupan manusia,” ungkap Founder & CEO MOFOMOFA, Seruni Petersen.

Seruni menjelaskan kenapa kita harus sayang Orangutan;
1. Orangutan berasal dari Indonesia dan hanya ada di Indonesia.
2. Orangutan membantu membuka kanopi hutan dan penyebaran biji tanaman baru.
3. Orangutan terancam punah dalam 16 tahun terakhir 100 Orangutan, karena penebangan hutan dan perburuan.
4. Orangutan membutuhkan habitat, hanya ada sekitar 50.000 Orangutan Borneo dan 7.000 Orangutan Sumatera yang masih di alam liar dan layak untuk terus hidup.

“Orangutan terdiri dari 3 spesies berbeda, yaitu Orangutan Borneo, Orangutan Sumatera dan Orangutan Tapanuli,” tutur Seruni Petersen. (van)

Leave A Reply

Your email address will not be published.