Berita Nasional Terpercaya

DPD PDI Perjuangan DIY Menolak Penistaan Agama

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Munculnya video di Youtube yang kemudian menjadi viral, tentang khotbah seorang pendeta yang sampai hari Selasa 19 Agustus 2019 lalu telah ditonton sekitar 157 ribu kali, yang diduga terjadi di wilayah Jawa Timur. Isi khotbah pendeta tersebut secara garis besar membicarakan kepercayaan dan simbol umat Islam.

DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta mengambil sikap sebagai berikut, Menolak penistaan agama atau pendiskreditan keyakinan agama apapun oleh para pemuka agama yang bisa diduga sebagai perbuatan tidak menyenangkan, yang bisa berdampak mengoyak rasa persatuan dan kesatuan sebagai warga negara Indonesia.

?Meminta kepada lembaga yang berwenang untuk segera bersikap dan turun tangan mengatasi hal ini. Meminta kepada seluruh Warga Masyarakat agar tetap santun dalam menggunakan media sosial sebagai media informasi yang saat ini menjadi keniscayaan di era keterbukaan informasi,? ujar Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi, Selasa (20/8/2019) kepada bernas.id.

Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, lanjut Nuryadi adalah batas kedaulatan yang memiliki sejarah kejayaan, yakni zaman Sriwijaya dan Majapahit. ?Dengan penuh kesadaran dan jiwa patriot di masa kolonial, pada 28 Oktober1928 Indonesia mengikrarkan diri menjadi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa,? katanya.

Selanjutnya, para pejuang dan pendiri bangsa dengan berbagai pertimbangan matang memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada 17 agustus 1945. Situasi proklamasi yang menegangkan tidak hanya karena kondisi diintai penjajah, tetapi juga bagaimana mencari rumusan yang tepat dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara mengingat keberagaman Indonesia.

?Kemampuan berpikir dan kearifan akhirnya melahirkan komitmen untuk memiliki pandangan hidup bangsa sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dengan penegasan Pancasila sebagai ideologi bangsa,? tambah Nuryadi.

Disitulah makna yang sesungguhnya dari Tamansari Indonesia merupakan berkah dari Tuhan YME. Ini adalah kekayaan yang harus kita jaga,dan menjadi tanggung jawab seluruh warga negara. Hal itulah yang mencerminkan bagaimana kita bisa menghargai perbedaan sebagai rahmat. ?Inilah inti dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika,? pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.