Berita Nasional Terpercaya

Bertemu Mahasiswa Baru UI, Menteri Puan Tegaskan Pentingnya Menjaga dan Merawat Pancasila

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Sebagai anak muda, mahasiswa baru memiliki karakter yang dinamis dengan selalu ingin mengetahui hal baru demi mendapatkan pengalaman baru, sekaligus mencari tantangan yang memberi semangat. Namun, jangan sampai terseret arus negatif pergaulan yang menyesatkan karena dapat menghancurkan masa depan . Misalnya, narkoba, obat terlarang, minuman keras, dan pergaulan bebas.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyampaikan pesan penting itu di tengah forum Kegiatan Awal Mahasiswa Baru (KAMABA) di Universitas Indonesia Tahun 2019, Jumat (23/8/2019) siang di Balairung UI, Depok, Jawa Barat.

Selain dihadiri oleh Para mahasiswa baru (Maba) UI yang berjumlah sekitar 8500-an orang, turut dihadiri di acara itu Rektor UI dan jajaran Rektorat serta Fakultas di lingkungan UI. Di sela sambutan pembekalannya, Menko PMK menyempatkan berinteraksi dengan beberapa mahasiswa baru yang diminta naik ke panggung untuk menjawab pertanyaan lalu mereka diberikan hadiah.

?Yang sangat penting, untuk kalian waspadai adalah jangan sampai terpengaruh oleh paham radikal atau ajaran yang bertentangan dengan Pancasila. Pancasila sudah final sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,? kata Puan Maharani. Maka, lanjutnya, sebagai warisan dari para pendiri bangsa, Pancasila harus dijaga dan dirawat bersama.

“Sebagai generasi muda, kalian harus memiliki kesadaran, komitmen, dan kerja bersama dalam menjaga Indonesia sebagai bangsa yang besar tersebut. Adik-adik harus memperteguh Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Wujudkan dengan membangun kebersamaan, toleransi, gotong-royong, solidaritas sosial, tidak membeda-bedakan suku, agama, budaya dalam pergaulan, dan lain sebagainya,? ucapnya. ?Saya juga melihat banyak mahasiswa baru yang perempuan. Artinya apa? Indonesia punya harapan bahwa di masa depan, perempuan Indonesia akan tampil maju bahkan jadi sosok pemimpin yang tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga tetapi juga bangsa dan negara,? tambah Puan.

Seiring dengan tekad pemerintah dalam membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul, dan dihadapkan pada tantangan ke depan yang menuntut kesiapan kita dalam menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, kreativitas dan inovasi. SDM yang unggul, menurut Puan, SDM adalah penentu kemajuan Indonesia. Indonesia memerlukan SDM yang profesional, berdaya saing, dan berkepribadian Indonesia.

Lanjutnya, SDM profesional yaitu SDM yang menguasai bidangnya, baik secara pengetahuan maupun ketrampilan teknis. SDM yang mampu bersaing yaitu yang dapat memenuhi standard kualifikasi dalam dunia kerja. Dan, SDM yang mampu bersaing yaitu yang dapat memenuhi standar kualifikasi dalam dunia kerja.

?SDM Indonesia yang unggul, tidak hanya profesional dan berdaya saing, akan tetapi juga memiliki kepribadian sebagai bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah, sopan santun, toleran, religius, dan bergotong royong,? ujar cucu Bung Karno ini.

Puan yakin, dalam 10-15 tahun mendatang akan ada lulusan UI yang jadi pemimpin, setidaknya di daerahnya, atau dalam jajaran pimpinan UI. “Harapan terbesar juga akan ada Presiden yang lulusan UI,” katanya disambut tepuk tangan para mahasiswa baru. (van)

Leave A Reply

Your email address will not be published.