Berita Nasional Terpercaya

Kota Pendidikan Jogja Kekurangan Guru SD

0

YOGYA, BERNAS.ID – Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mengakui, jumlah guru SD yang ada saat ini di Kota Jogja masih kurang dari angka ideal yang dibutuhkan.

?Hari ini ada penambahan beberapa guru SD. Ini patut disyukuri, meski jumlahnya belum memenuhi kebutuhan ideal yang seharusnya dipenuhi,? kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budhi Ashrori, Rabu (28/8/2019).

Di samping mengalami kekurangan dari segi jumlah, proporsi guru SD yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) juga menurutnya masih lebih sedikit dibanding guru yang berstatus non PNS, yaitu 40 persen berbanding 60 persen dan laju pensiun guru yang cukup tinggi.

Di jenjang SD, guru tidak dikhususkan untuk mengajar satu mata pelajaran tertentu tetapi mengajar di hampir semua mata pelajaran atau lebih dikenal sebagai guru kelas. Guru yang mengampu mata pelajaran secara khusus jumlahnya terbatas, di antaranya guru pendidikan jasmani, guru agama serta jabatan kepala sekolah.

?Kalau di sebuah SD ada satu rombongan belajar di tiap jenjang kelas, maka dibutuhkan enam guru kelas dan tambahan guru mata pelajaran khusus serta kepala sekolah. Jumlah minimal yang harus terpenuhi sebanyak sembilan orang,? kata Budhi.

Ia meneruskan, guna mengatasi kekurangan jumlah guru, sekolah kemudian merekrut guru yang berstatus sebagai tenaga bantu serta guru dan pegawai tidak tetap. Saat ini, jumlah tenaga bantu mencapai sekitar 220 orang dan untuk GTT/PTT sekitar 300 orang.

Selain di jenjang SD, menurutnya kebutuhan guru di jenjang SMP juga masih perlu dipenuhi. Saat ini, total guru yang berstatus PNS dari jenjang TK hingga SMP di Kota Yogyakarta sekitar 1.800 orang. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.